Jumlah Pemain Aktif PlayerUnknown’s Battlegrounds Perlahan Mulai Menurun

62d25c044a6bfe7fed1f942b1229e9e1

PlayerUnknown’s Battlegrounds tak hanya menjadi game yang memulai trend genre battle-royale, tetapi menjadi game non-Valve yang berhasil cetak berbagai rekor jumlah pemain terbanyak di Steam selama satu tahun terakhir. Sejak pertama kali dirilis sebagai early-access, jumlah pemain PUBG terus meningkat secara signifikan, namun tampaknya kepopuleran game ini mulai temui puncak akhir setelah jumlah pemain aktifnya perlahan menurun dari bulan ke bulan.

Dimulai dari bulan Januari silam, jumlah pemain aktif dari PUBG mulai menurun dalam angka yang signifikan yaitu 12,23%. Penurunan ini terus terjadi di tiap bulan-bulan selanjutnya dan sepanjang bulan Mei ini, jumlah pemain aktif rata-rata PUBG gagal mencapai 1 juta pemain seperti bulan-bulan sebelumnya.

Beberapa alasan bisa diperkirakan akan kenapa terjadinya penurunan jumlah pemain ini. Sebagai pembuka, Fortnite: Battle Royale benar-benar merajai genre battle-royale saat ini di negara barat. Gameplay-nya yang lebih cepat dan update yang lebih konstan membuat banyak pemain PUBG untuk pindah ke game dari Epic Games ini.

Alasan kedua adalah masalah cheater yang saat ini masih menghantui game dari Bluehole ini. Meski dengan berbagai perbaruan pada BattleEye, banned massal, dan patch harian untuk anti-cheat, game masih dilaporkan diisi oleh banyak cheater, mungkin tak separah sebelumnya tapi tetap mengganggu pemain yang ingin bermain jujur dan fun.

Alasan terakhir adalah keberadaan versi mobile dari game ini. Dengan versi mobile yang bisa dikatakan “lebih teroptimisasi” daripada versi PC, banyak pemain lebih fokus bermain versi mobile dari game ini ketimbang versi PC. Bahkan beberapa gamer PC mulai beralih bermain versi mobile karena lebih ramah dengan hardware yang mereka miliki, dan dengan eksistensi emulator resmi dari Tencent, jumlah pemain versi mobile semakin meningkat.

PUBG masih merajai statistik Steam hingga saat ini sebagai “game dengan pemain terbanyak”, berkurangnnya jumlah pemain aktif ini juga tentu takkan pengaruhi gameplay dan matchmaking-mu sama sekali, namun bisa dipastikan bahwa kepopuleran PUBG tidaklah setajam tahun lalu dan apapun bisa terjadi untuk kedepan nanti dengan statistik jumlah pemain game ini.

Source: Steam Charts

Exit mobile version