Sejak Free-To-Play, Jumlah Pemain PUBG Meningkat Hingga 80,000 dalam Satu Hari

Jumlah Pemain PUBG Meningkat

Jumlah Pemain PUBG meningkat

Jumlah Pemain PUBG Meningkat – PUBG: Battleground atau yang sebelumnya memiliki tajuk PlayerUnknown Battleground merupakan salah satu pelopor dalam game bergenre battle royale. Semenjak pertama kali rilis, game cukup meraih kesuksesan besar, hingga akhirnya menyambangi platform konsol bahkan mobile. Demi mempertahankan kepopuleran, beberapa waktu lalu Krafton selaku developer game pun mengubah game menjadi Free-To-Play alias dapat dimainkan secara gratis.

Keputusan tersebut sepertinya juga menambah kesuksesan game. Server yang kini dipenuhi para pemain baru ditambah dengan sejumlah veteran PUBG: Mobile menjadi alasan game menjadi semakin ramai. Bahkan menurut laporan, jumlah pemain meningkat hingga mencapai angka 80,000.

Jumlah Pemian PUBG Meningkat Drastis Setelah Gratis

Jumlah Pemain PUBG meningkat

Melalui laporan finansial, Krafton selaku developer sekaligus publisher game mengkonfirmasi bahwa keuntungan perusahaan naik hingga 37% dibanding pendapatan tahun lalu, atau sebelum game digratiskan. 97% peningkatan tersebut datang dari luar Korea Selatan, yang merupakan negara asal dari developer. Hal tersebut diseimbangi dengan operating profit serta revenue yang masing-masing turun sebesar 6,9% dan 7,8%.

Pihak Krafton menyatakan bahwa game battle royale yang kini tersedia di platform PC dan konsol baru saja menginjak usia lima tahun. Sejak transisi model bisnis menjadi Free-To-Play di bukan Januari 2022 lalu, terlihat adanya peningkatan pemain yang drastis hingga mencapai angka 80,000 dalam satu hari. Rata-rata revenue per user (ARPU) meningkat 20%, dan pendapatan International Market atau di luar Korea Selatan tembus 94% pada kuartal dua tahun 2022.

Laporan Status PUBG: New State

PUBG: New State

Selain versi PC dan konsol, Krafton juga mengungkapkan informasi terbaru mengenai kesuksesan game spin-off nya yakni PUBG: New State. Game yang hadir di platform mobile tersebut dikatakan akan terus berevolusi, dengan fokus mempertahankan pelayanan live-service sekaligus memperluas IP dengan event kolaborasi.

Pendaptan pasti dari game sempalan ini memang tidak diinformasikan secara jelas. Namun Krafton menyatakan bahwa game juga mengalami peningkatan jumlah pemain dan waktu bermain di Q2 2022.

Rekam Jejak Kesuksesan PUBG: Battleground dan PUBG Mobile

PUBG: Battleground

Sejak awal, sudah tak perlu dipungkiri bahwa PUBG memang cukup sukses di kalangan para gamer. Terlebih semenjak hadirnya versi mobile yang membuat game semakin dikenal luas. Demi mempertahankan kesuksesan tersebut, Krafton sempat mengadakan sejumlah event-event menarik seperti kolaborasi dengan grup K-Pop Blackpink, anime Neon Genesis Evangelion bahkan juga sempat bekerja sama dengan perusahaan transporatasi Gojek.

Luasnya perkembangan membuatnya menjadi salah satu game battle royal tersukses, hingga mampu menyaingi game serupa lainnya seperti Fortnite, Warzone dan Apex Legends. Bahkan dalam data sebelumnya, kesuksesan sudah mulai terlihat melalui laporan pendapatan PUBG di platform PC yang meningkat 61% dari tahun ke tahun menjadi $82,3 juta atau sekitar 1 triliun rupiah. Sementara di konsol, angka peningkatannya bahkan lebih besar, dimana penjualannya meningkat 124% dibanding kuartal sebelumnya dan 274% dari tahun ke tahun.

Migrasi model Free-To-Play tentu berperan besar dalam peningkatan kesuksesan game dan kemungkinan akan terus meningkat di masa mendatang. Saat ini, PUBG: Battleground tersedia untuk dimainkan secara cuma-cuma di platform PC, Xbox dan PlayStation, serta PUBG: Mobile dan PUBG: New State yang tersedia melalui iOS dan Android.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait PUBG: Battleground serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version