Jumlah Penonton Livestream Game Battle Royale Kembali Menurun

fortnitepubg
Sepertinya terjadi penurunan minat.

Kepopuleran sebuah game khususnya game online, tak hanya dilihat dari seberapa banyak orang memainkan dan memperbincangkannya, namun juga penonton livestreamnya. Tak jarang hal ini menjadi salah satu tolak ukur komunitas, developer, dan publisher game di luar sana. Selama berbulan-bulan, genre battle royale sangat digandrungi oleh para penontonnya. Genre yang dipelopori oleh PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG yang kemudian secara tak langsung digerus oleh Fortnite ini rupanya kembali mendapatkan penurunan jumlah penonton livestream selama beberapa pekan terakhir.

Menurut situs analisa StreamElements (via gamesindustry) dan SullyGnome, mereka mengunggah data penonton livestream dari bulan April hingga Juni kemarin yang berikan penurunan penonton dari game bergenre battle royale seperti Fortnite Battle Royale, PUBG, dan Apex Legends. Fortnite memang masih berada di posisi teratas “rantai makanan”, namun penurunan sebanyak 11 juta dari 311 juta jam buktikan bahwa penonton mulai bosan dengan gamenya. Penghitungan ini merupakan akumulasi dari semua situs yang memberikan layanan livestream seperti Twitch, YouTube Live, Facebook Gaming, dan Mixer.

Dari kedua game battle royale tersebut, pukulan telak nampaknya dialami oleh Apex Legends. Bagaimana tidak, penontonnya menurun dari 183 juta jam ditonton menjadi 65.4 juta jam saja. Data ini tentunya tidak termasuk setelah Respawn merilis konten season keduanya.

PUBG sendiri yang baru saja populer di Indonesia berkat versi mobilenya, mengalami penurunan 4.3% dari 68 juta jam menjadi 65.4 juta jam saja. Tentunya data yang dihitung merupakan data versi PC-nya yang telah dirilis terlebih dahulu dibanding versi mobilenya.

Data yang telah terkumpul di atas bukan menjadi sebuah bukti bahwa genre battle royale telah mati. Hal ini dibuktikan dengan masih kokohnya Fortnite berada di posisi paling atas berkat event baru yang dirilis oleh Epic Games. Namun perlahan tapi pasti ia secara tak langsung menunjukkan penurunan minat akan genre tersebut. Jadi, apakah kamu juga sudah bosan dengan battle royale?

Baca terus tentang berita video game terbaru hanya di gamebrott.com.

contact: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version