Jumlah Player Steam yang Mainkan Game di Atas 1080p Sangat Minim

Best gaming monitors
Tak banyak yang mainkan game PC di atas resolusi tersebut.

Seiring perkembangan zaman, teknologi khususnya gaming semakin meningkat. Dirilisnya PS4 Pro dan Xbox One X yang bangga akan resolusi 4K tentu buatmu berpikir bahwa gamer PC di luar sana telah melampaui 1080p atau bahkan lebih tinggi dari 4K. Namun sayang, kenyataan memang pahit. Jumlah tersebut hanya sebatas isapan jempol semata.

Menurut laporan Steam Hardware Survey, sekitar lebih dari 62% gamer PC memainkan gamenya di resolusi 1080p, sementara 30% adalah resolusi di bawahnya. Lebih kecil lagi, sebanyak 13% user menggunakan resolusi laptop sebesar 1366×768.

Persentasenya semakin menurun saat dihadapkan pada resolusi 2560×1440 yang hanya digunakan oleh 4% user. 4K dan ultra-wide justru dapatkan 1%. Jumlah yang sangat miris dari gembar-gembor “PC Master Race” di internet. Bahkan hingga kini masih ada yang memainkan game Steam-nya di resolusi 1024×768.

Hasil survey Valve tersebut berikan pertanda bahwa para developer harusnya mensupport resolusi 1366×768 dibandingkan harus fokus pada teknologi teranyar seperti G-Sync atau 1440p. Permasalahan ekonomi individual juga kerap kali menjadi salah satu penyebab banyak orang tak memainkan game dengan resolusi lebih tinggi. Kamu yang penasaran dengan hasilnya bisa membaca laporan lengkap surveynya melalui link berikut.

Exit mobile version