Jumlah Total Donasi Industri Game untuk Ukraina Sudah Capai Hampir 3 Triliun Rupiah

Jumlah Total Donasi Industri Game untuk Ukraina Sudah Capai Hampir 3 Triliun Rupiah

Peperangan antar Rusia dengan Ukraina saat ini masih berlangsung, dan tidak hanya organisasi kemanusiaan saja yang bergerak dalam merespons perang ini, bahkan industri game pun yang merupakan industri hiburan terbesar juga ikut bergerak.

Ada beberapa gerakan yang dilakukan, seperti CD Projekt Red dan Microsoft yang menghentikan segala produk mereka untuk dijual ke Rusia. Dan tentunya, ada juga gerakan donasi seperti yang dilakukan oleh Epic Games, Microsoft, ataupun 11 bit Studios.

Selain hal ini dapat membantu warga Ukraina yang sedang memerlukan bantuan disana, tentunya gerakan ini juga bisa menjadi sebuah public relation yang bagus dari perusahaan tersebut, karena ternyata mereka ikut membantu warga Ukraina.

Ternyata donasi yang terkumpul untuk Ukraina sangatlah besar sekali dimana jumlah total donasi industri game hampir 200 Juta USD (sekitar 2,8 triliun Rupiah).

Jumlah total donasi industri game di dominasi oleh Epic Games serta Microsoft

Jika kurang jelas, bisa langsung ke websitenya saja atau “open image in new tab” saja

Dilansir dari Levvvel, mereka memberikan sebuah data yang menunjukkan seberapa besar donasi yang diberikan suatu perusahaan kepada Ukraina.

Dapat dilihat di bawah, bahwa Epic Games serta Microsoft memberikan donasi tertinggi dimana jumlahnya adalah 144 juta USD, melalui campaign Fortnite saat itu dimana semua penjualan dari tanggal 20 Maret sampai 3 April akan diberikan ke organisasi kemanusiaan di Ukraina.

Top 10 donasi dari industri game

Kemudian disusul oleh Humble Bundle yang jumlahnya mencapai 20 juta USD, yang juga mirip – mirip dengan yang dilakukan Epic Games + Microsoft dimana mereka membuat sebuah bundle, yang semua hasil penjualannya akan diberikan kepada Ukraina.

Beberapa developer maupun publisher game juga ikut memberikan donasi seperti Sony, Bandai Namco, Supercell, dan Activision Blizzard. Unity sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam Game Engine juga ikut berpartisipasi.

Tidak hanya perusahaan developer game, ternyata ada perusahaan lain yang juga bergerak di bidang gaming, salah satunya seperti Eurogamer yaitu sebuah media game, ikut memberikan donasi sebesar 14 ribu USD.

Total semua jumlah yang diberikan mencapai 195,258,400 USD, sebuah angka yang sangat tinggi mengingat industri game merupakan industri hiburan terbesar saat ini.

Bagaimana menurut kalian? Apakah jumlahnya ini menurut kalian masih kecil? Atau malah sangat besar sekali? Apakah perusahaan favorit kalian ada ikut dalam gerakan ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait berita game atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version