“Juragan” Game Online Korea, Nexon Siap Jual Hak Miliknya ke Perusahaan Game Besar


Follow Us

Ada apa kok bisa sampai dijual ?

Sudah hampir seperempat abad (25 tahun) lamanya Nexon masih kokoh bertahan di tengah ketatnya arus-arus pasar game online + mobile yang kini telah mulai mendominasi lanskap industri game. Namun, tahun 2019 justru sepertinya akan menjadi semacam batas antiklimaks dari kiprah publisher asal negeri Ginseng tersebut.

Nulis artikel dibayar

Bagi kamu yang  mungkin sempat menaruh suatu preferensi spesial untuk game-game online ikonik mereka seperti Maple Story, Vindictus, Riders of Icarus, dan masih banyak lagi, beredarnya kabar bahwa Nexon akan segera bergegas untuk menjual dirinya kepada pihak lain tentu telah menjadi suatu tanda tanya tersendiri. Karena tak ada satu tanda-tanda yang memperlihatkan bahwa Nexon sedang mengalami suatu krisis dari segi finansial.

BACA JUGA  Star Wars: Jedi Fallen Order Punya Dunia yang Masif, Hadirkan Sistem Spaceship Dengan Crew

Namun, perkara non-teknis yang belakangan menjerat Kim Jung-Ju selaku pemilik saham terbesar terkait masalah korupsi digadang-gadang merupakan salah satu faktor yang paling menonjol. Meski pada akhirnya beliau dianggap tak terbukti bersalah, rupanya hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan niat Kim untuk menyudahi sepak terjangnya dalam memimpin perusahaan yang sudah pertama kali ia dirikan sejak tahun 1989 lalu.

Kim yang dikabarkan mulai capek dengan isu-isu miring terkait kasus korupsi yang kerap dilabelkan kepada dirinya, telah memutuskan untuk melelang mayoritas saham NXC (perusahaan yang membawahi Nexon) kepada pihak-pihak lain yang tertarik dalam menampung dan mengembangkannya secara lebih baik. Jumlah nilai saham yang ditawarkan pun juga tergolong tidak main-main, karena ditaksir berada di kisaran 8.9 milliar USD atau sekitar 126 trilliun Rupiah.

BACA JUGA  Tencent, Xiaomi, Oppo Ujicoba OS Buatan Huawei Yang Diklaim Lebih Cepat 60%
Kim Jung-Ju

Keadaan yang dialami oleh mereka tersebut kabarnya juga mulai terendus oleh pihak-pihak lain yang sudah sempat melirik potensi yang bisa ditawarkan Nexon untuk kepentingan dunia industri game. EA dan Tencent disebut-sebut adalah pihak yang paling terdepan dalam memperebutkan Nexon sebagai salah satu aset penting mereka.

Kira-kira, akan seperti apa ya nasib dari perusahaan Nexon ini di masa yang akan datang ? Cukup punya kenangan yang berbekaskah kalian dengan game-game online ataupun mobile yang sudah mereka luncurkan di beberapa masa sebelumnya ?

BACA JUGA  EA Konfirmasi Hadirkan Fitur Volta Football, Bermain Layaknya FIFA Street dalam Game FIFA 20

Sumber: Kotaku


Jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Nexon, beserta dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item