Jurnalist Esport Serang Media Mainstream Polygon, Kotaku, Waypoint Setelah Ambil Penghargaan

Richard Lewis 1 e1574220197542

Jurnalist esport asal Inggris Richard Lewis mengkritik pedas saat menerima penghargaan Esport Awards 2019 beberapa hari yang lalu. Hal ini bukan kali pertama Richard menerima penghargaan sebagai esport Journalist, penghargaan pertama Richard sempat ia pada 2016 lampau. Tak main-main dirinya mengkritik beberapa media mainstream besar seperti Kotaku, Polygon, serta Waypoint akibat berita esport yang mereka cover. Dimana memang media besar ini kurang lebih setahun belakangan mulai mengangkat topik esport.

Secara terang-terangan, Richard mengklaim bahwa beberapa media tersebut melakukan pemberitaan esport dengan tidak akurat serta dirinya mempermasalahkan motif beberapa media tersebut.

“Ada beberapa perusahaan media eksternal, mereka melihat esport dan mereka ingin menulis sejarah lalu bercerita. “kalian tahu siapa yang saya maksud: Polygon, Waypoint, dan juga Kotakus… orang-orang seperti mereka.

“Pendekatan mereka menulis mengenai esport dengan maksud ganda: mereka kerap kali mempermalukan diri mereka sendiri dengan menulis sesuatu yang menunjukan ketidak pedulian mereka pada scene kita, minim sumber dan opini yang tak original mengenai topik yang kita bahas mati-matian selama 20 tahun lamanya.”Richard Lewis

Hal tersebut dirinya sampaikan sembari memberikan contoh-contoh kongkrit yang pernah diangkat oleh media tersebut. Seperti saat Kotakus mengcover berita mengenai CSGO Major menjadi tempat berkumpulnya pendukung trump, “hanya karena mereka salah membaca papan”, dan juga dirinya menyebut bahwa salah satu media meminta untuk menghentikan penyerangan terhadap streamer cewek overwatch di Twitch “yang sebenarnya gak ada- kalau mereka mengecek faktanya”.

Meski Richard mengkritik media besar terutama Kotaku, namun nampaknya dia tetap menghormati salah satu penulis senior mereka yaitu Cecilia D’anastasio, dirinya bahkan beberapa kali menyebut bahwa Cecilia lah yang pantas untuk naik kepodium ini.

Terakhir, dirinya menyambut media lain non-esport untuk bergabung kedalam industri ini, karena dirinya yakin banyak sekali cerita yang seharusnya bisa disampaikan. Hal tersebut bertujuan untuk membuat industri ini jauh lebih baik lagi.

Jika kalian ingin membaca berita mengenai esport atau game terbaru kalian bisa membacanya disini.

Source: Nichegamer

Exit mobile version