Kalah Dengan Chrome, Firefox Kehilangan 46 Juta Penggunanya di 3 Tahun Terakhir!

tes

Sebuah thread baru dari pengguna reddit u/nixcraft memperlihatkan penurunan popularitas dari salah satu web browser yang cukup ternama di publik “Firefox”. Data dari Public Data Report menunjukan bahwa lebih dari 46 juta pengguna telah meninggalkan Firefox selama 3 tahun terakhir untuk browser lainnya.

Pada akhir tahun 2018 lalu, dikabarkan bahwa 244 juta penikmat internet di dunia setiap bulannya menggunakan Firefox sebagai browser pilihan untuk menjelajahi web, namun hanya angka tersebut menurun di Q2 2021 dengan 198 juta pengguna saja yang menjelajahi web menggunakan browser yang menjadi rival Chrome tersebut.

Mozilla merilis Firefox di tahun 2002 sebagai browser alternatif Chromium based browser yang lebih “User Friendly” dengan memfokuskan dirinya di Privasi dan Keamanan. Di tahun 2008 sendiri Firefox berhasil mengambil alih 30% dari pengguna internet untuk menggunakan browsernya, Internet Explorer sebagai tulang punggung dengan 60% pengguna internet yang menggunakannya, sedangkan pengguna Chrome masih belum kelihatan di tahun tersebut.

Di tahun 2021, Chrome sendiri merupakan browser paling populer dengan lebih dari 65% pengguna web yang menggunakan browser tersebut. Firefox dan Edge sendiri hanya digunakan 3% di Desktop, Mobile, dan Konsol. Dengan banyaknya website yang lebih mengoptimalkan penggunaan chrome agar bisa digunakan lebih cepat, hal ini menjadi kabar yang buruk untuk para pengguna browser Firefox untuk semakin kompetitif terhadap browser lainnya. Hal ini ditunjukan dengan berkurangnya pengguna seperti yang disebutkan sebelumnya.

Ya, walaupun begitu 198 juta pengguna Firefox tidak akan hilang begitu saja dalam waktu dekat ini. Namun cukup menarik untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh Firefox sebagai salah satu browser yang cukup populer sebelumnya. 


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain seputaran game Mobile! Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di Author@Gamebrott.com

Exit mobile version