Kalahkan Intel, AMD Dominasi Penjualan CPU Komputer Dekstop

in , ,

Jika biasanya AMD selalu menjadi sebuah cemohan untuk para pengguna komputer dekstop. Nampaknya, kini AMD telah bertransformasi menjadi salah satu merk yang disukai oleh para penguna komputer dekstop.

Hal ini terbukti setelah AMD mengkonfirmasi jika penjualan procesor untuk komputer desktop miliknya sangat sukses. Saat ini, AMD dikabarkan menguasai 30% pangsa pasar menurut penjualan Amazon. Mereka menempati 8 dari 10 tempat teratas pada chart penjualan terlaris.

Jika kita kembali pada tahun 2011, ketika mereka gagal setelah meluncurkan mikroarsitektur Bulldozer dan menjadikan periode kelam bagi perusahaan. Kini AMD nampak seperti benar-benar telah dilahirkan kembali. Dan sukses menguasai 30% pangsa pasar dalam penjualan prosesor di seluruh dunia, menurut data yang dirilis oleh CPUBenchmark.

Walaupun begitu, saat ini kesuksesan AMD tersebut masih kalah jika dibandingkan Intel yang memiliki keberhasilan dalam merilis CPU untuk Notebook. Jika kita membatasi diri pada seri desktop, angka-angka tersebut mengkonfirmasi bahwa AMD berada dalam pertumbuhan kuat yang berkelanjutan. Melihat data yang dibagikan oleh Amazon di minggu Black Friday ini. Kita mengetahui bahwa di Amerika Serikat dari 10 prosesor desktop terlaris 8 diantaranya adalah merek AMD dan 2 dari Intel.

Di Amerika, peringkat pertama CPU terlaris diarih Ryzen 7 2700X diikuti oleh Ryzen 5 2600 dan Ryzen 5 3600. Di tempat keempat adalah prosesor Intel Core i5-9600K.

Sedangkan di Inggris, tiga tempat teratas dalam penjualan ditempati oleh Ryzen 5 3600. Bersama Ryzen 7 3700X dan Intel Core i7-9700K. Tak hanya itu, dalam laporan yang dikeluarkan oleh Mindfactory, penjualan prosesor Ryzen 3000 mencapai rekor sejarah dan melampaui Intel.

 

Sumber : Techspot


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita terupdate lainya tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.