[UPDATED] Tidak, Kamu Tidak akan Terkena VAC Banned di Team Fortress 2 Jika Menggunakan Nickname Ini

in ,
Update (2/1/18/23:00 WIB):

Seorang staff Valve di Reddit mengatakan bahwa semua itu salah. Kamu tidak bisa otomatis terbanned hanya karena namamu “catbot”, karena VAC akan mendeteksi apabila kamu menggunakan cheatnya saja. Ia menjelaskan bahwa laporan bug tersebut tidak benar, kemungkinan laporan tersebut muncul karena mereka tak suka dengan sistem anti-cheat yang dimiliki gamenya. Kamu bisa membaca pernyataan selengkapnya di link berikut.

Original Story:

Valve akan banned kamu jika menggunakan nickname ini.

Kecelakaan salah banned memang cukup jarang terjadi. Namun jika hal tersebut terjadi, umumnya developer atau publisher akan melepasnya apabila memang dinilai kamu tidak melakukan kesalahan apapun. Lalu, bagaimana jika developer atau publisher sengaja melakukan banned sebuah akun hanya karena nicknamenya sedikit “menyindir” kasus cheater yang pernah terjadi? Inilah yang dilakukan Valve di Team Fortress 2.



Dilansir dari GitHub (via pcgamesn), seorang player yang menggunakan Linux dengan nickname “catbot” akan langsung kebanned sesaat setelah ia menginstall Steam. Seorang moderator dari Valve menjelaskan bahwa, hal ini disebabkan oleh cheat Team Fortress 2 bernama catbot. Cheat tersebut memungkinkan user Linux untuk membentuk party berisi sniper yang dilengkapi dengan aimbot. Umumnya mereka juga menggunakan user bernama “catbot”.

Banned ini juga berlaku pada semua user Linux dengan kata “catbot” di semua usernamenya. Memang terdengar cukup aneh, namun mungkin akan lebih baik bagi kamu pengguna Linux yang ingin memainkan Team Fortress 2 untuk menghindari nickname apapun yang berhubungan dengan kata “catbot”.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.