Kamu Harus Tahu 7 Perbandingan IG dan TikTok Ini!

Perbandingan Ig Dan Tiktok

Perbandingan IG dan TikTok? Benar, kali ini kita akan membahas beberapa perbandingan antara Instagram dan TikTok. Sebelumnya, kami memang mendapat permintaan untuk membahas hal ini, namun akhirnya kami memutuskan untuk membuatnya sekarang.

Meski keduanya merupakan platform berbagi video, namun banyak orang yang membandingkan kedua platform ini untuk mengetahui mana yang lebih baik. Karena seperti yang dapat kita lihat bersama, kedua platform berbagi video ini masih digandrungi oleh generasi zaman now.

1. Durasi Video Yang Berbeda

Hal paling mendasar yang menjadi pembeda antara IG dan TikTok ini memang terletak pada durasi video yang berbeda. Meski belakangan ini Instagram berusaha mengejar TikTok dengan Reels-nya, namun hal tersebut sepertinya tidak mampu banyak membantu Instagram.

TikTok tawarkan durasi maksimal selama 3 menit, dan hanya 1 menit bila pengguna mengedit video dengan fitur di dalam aplikasi. Sedangkan Instagram Reels, hanya mampu memberikan durasi selama 60 detik, dan hal ini termasuk cukup signifikan.

2. Segudang Peralatan Handal

TikTok memiliki alat pendukung edit video yang terbilang one step ahead dibandingkan dengan kompetitornya. Selain memiliki segudang peralatan handal, TikTok juga tawarkan daftar efek augmented reality (AR) yang terbilang bagus. Hal inilah yang membuat para content creator lebih leluasa menorehkan kreativitasnya melalui platform berbagi video TikTok.

Seakan bertolak belakang dengan pesaingnya, Instagram dengan Reels-nya ini masih belum bisa menyuguhkan fitur edit video secanggih itu. Satu-satunya cara bagi para content creator ini untuk bersaing adalah dengan melakukan pengeditan videonya terlebih dahulu diluar aplikasi.

3. Dibuat Oleh Dua Negara Berbeda

Beda negara, beda kebiasaan, beda orang, dan begitu pula halnya dengan pemikiran. Instagram dibuat oleh Amerika, sedangkan TikTok dibuat oleh China. Seperti yang kita semua ketahui, Instagram Reels dibuat oleh Facebook, sedangkan TikTok dibuat oleh ByteDance.

Tidak heran bila cara yang dilakukan kedua raksasa ini akan sangat berbeda dalam lakukan pendekatan terhadap para penggunanya.

4. Pasar Dan Konten Yang Memang Berbeda

Di platform berbagi video seperti TikTok, entah para content creator-nya memang terlalu kreatif atau memang pasarnya saja yang sangat berbeda. Karena perbedaan yang dihasilkan kedua platform berbagi video ini lagi-lagi memang menghasilkan perbedaan yang kami rasa cukup signifikan loh, brott.

Hal ini tentu dilandasi oleh fakta bahwa generasi zaman now lebih mengutamakan keaslian dari sebuah karya dan lebih memilih TikTok. Berbeda dibandingkan dengan Instagram Reels yang memang  didominasi oleh generasi milenial, hal ini seolah membatasi semua konten kreatif di dalamnya.

5. Penggunaan Algoritma Yang Berbeda

TikTok mengandalkan For Your Page (FYP) yang dijadikan sebagai ujung tombak pada platform berbagi video ini. Algoritma dari TikTok ini akan menyesuaikan dan hanya menampilkan video apa saja yang sekiranya disukai oleh pengguna tersebut.

Di lain sisi, meski dengan beberapa pembaharuan, namun Instagram Reels terkesan masih random dalam memberikan rekomendasi video kepada para penggunanya. Hal ini berarti Instagram Reels masih belum menerapkan algoritma khusus untuk menyaingi kompetitornya tersebut.

6. Music Library Yang Berbeda

Salah satu perbandingan mencolok antar IG dan TikTok yang paling terasa adalah music library yang disediakan. TikTok tidak hanya menyediakan musik yang cukup viral seperti pada saat artikel ini dibuat, loh brott. Platform ini tawarkan beragam lagu populer mancanegara yang saat ini sedang nge-tren, yang artinya TikTok memiliki banyak lagu untuk digunakan.

Bagaimana dengan Instagram Reels? Lagi-lagi, sepertinya Instagram harus gigit jari karena pada kenyataannya memang masih kalah dalam urusan music library yang disediakan. Saat ini, Instagram Reels hanya menawarkan sejumlah musik yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

7. Tren Dan Selera Yang Berbeda

Bahkan sampai saat artikel ini kami buat, tidak dapat dipungkiri bahwa yang paling banyak membuat tren di masyarakat adalah TikTok. Instagram Reels bahkan belum bisa memberikan impact untuk mengatasi hal ini, membuatnya lagi-lagi tertinggal selangkah di belakang TikTok.

Kesimpulan

TikTok memang terbukti masih menjawarai platform berbagi video, setidaknya untuk saat ini. Untuk hasilnya sendiri, berikut adalah hasil per artikel ini dibuat, yaitu 4 Oktober 2021, yang bisa kalian lihat di bawah.

Meski Instagram telah berusaha keras untuk mengejar popularitas TikTok, sepertinya aplikasi berbagi video besutan ByteDance ini masih akan terus mendominasi.

Hal ini dapat dibuktikan melalui gambar di atas, di mana TikTok memiliki revenue dan download lebih tinggi dibandingkan dengan Instagram. Semua hasil tersebut bisa kalian lihat pada situs SensorTower, yang menyediakan informasi terkini mengenai popularitas aplikasi.

Nah, sekiranya di atas adalah beberapa perbandingan Instagram dan TikTok. Bila ada sesuatu informasi yang dirasa kurang lengkap, monggo komentar di bawah ya, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version