Kantor Developer S.T.A.L.K.E.R. 2 Kebakaran, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

Kantor Developer Stalker 2

Kantor Developer STALKER 2

Kantor Developer STALKER 2 Kebakaran – Sudah menjadi rahasia umum tentunya bahwa pengembangan sebuah video bukanlah perkara yang mudah dan sederhana. Namun, kualitas suatu game tentu ditentukan dengan proses penggarapan yang baik, sehingga developer harus menekuni pekerjaannya secara profesional.

Meski begitu, pengembangan sebuah game tentu tak terhindar dari berbagai kendala. Terlebih apabila kendala tersebut muncul secara tak terduga. Contohnya sepeti yang menimpa GSC Game World selaku developer STALKER 2 yang baru saja alami musibah kebakaran hingga rugi miliaran.

Kantor Developer STALKER 2 Terkena Musibah Kebakaran

Dikonfirmasi langsung oleh perwakilan developer melalui channel resmi Discord-nya, telah terjadi musibah kebakaran yang melanda kantor GSC Game World yang terletak di Prague, Republik Ceko pada 7 September lalu. Kejadian tersebut telah menghancurkan seluruh bagian kantor di lantai 3, sehingga diperlukan restorasi secara menyeluruh.

STALKER 2 (via GSC Game World)

Untungnya saja, tidak ada korban jiwa dan seluruh pegawai berhasil selamat dari bencana. Bagian di lantai 1 dan 2 juga tidak terpengaruh oleh kebakaran, namun diduga beberapa server mengalami kerusakan.

Total kerugian dilaporkan mencapai 1.5 juta Crowns atau kurang lebih setara dengan 1 miliar rupiah. Saat ini, penyebab kebakaran masih belum diketahui, namun investigasi tengah aktif dikerahkan oleh pihak berwajib.

Penggarapan STALKER 2 Terus Dihujani Permasalahan

STALKER 2 sepertinya menjadi salah satu game dengan proses pengembangan yang cukup lama. Pertama kali diumumkan pada tahun 2010 silam, namun hingga kini game belum kunjung rilis karena berbagai problema.

Setelah pengumuman, developer awalnya berencana untuk merilis game di tahun 2012. Namun berbagai permasalahan muncul di perusahaan seperti adanya pemecatan masal yang harus memberhentikan hingga 75% karyawannya, dimana membuat proses pengerjaan game terhenti sementara.

STALKER 2 (via GSC Game World)

Projek kemudian kembali aktif dikerjakan di tahun 2018 dan rencananya akan rilis tahun 2022. Sayangnya, developer kembali mendapat permasalahan akibat terjadinya konflik peperangan antara Rusia dan Ukraina, memaksa developer asal Ukraina tersebut untuk pindah kantor ke Republik Ceko dan menunda jadwal perilisan

STALKER 2 kini sudah dikonfirmasi siap rilis di Q1 2024, meski tanggal rilis pastinya masih belum diumumkan. Dengan musibah kebakaran, tak menutup kemungkinan apabila game akan ditunda untuk kesekian kalinya. Meski begitu, usaha developer yang pantang menyerah meski dihujani masalah tetap patut untuk diapresiasi.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait STALKER 2 serta artikel terkini dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version