8 Karakter Game Pembohong yang Bikin Kamu Punya Trust Issue

Karakter Game Pembohong

Karakter Game Pembohong – Sulit untuk dipercaya, tetapi manusia itu bisa berbohong. Ya, benar sekali. Mungkin fakta ini membuatmu meriang dan merinding sampai berhenti scroll video di TikTok, tetapi begitulah realitanya.

Terkadang sebuah kebohongan dapat dilihat dari jauh-jauh, namun banyak juga yang sulit untuk ditebak dan bahkan membuatmu sempat percaya dengan mulut manis mereka hingga pada akhirnya wajah asli mereka terbuka.

Dalam konteks video game, ada banyak NPC yang awalnya terkesan baik dan dapat dipercaya, namun pada saat tertentu mereka akan perlihatkan wujud asli mereka dan menusuk pemain dari belakang mau itu secara naratif atau juga gameplay.

NPC ini tak jarang mempermainkan dan mengeksploitasi kebaikan gamer karena dominan sebuah game memintamu untuk menjadi protagonis yang baik hati dan mampu selesaikan konflik dengan segala cara. Good nature dari pemain ini justru dimanfaatkan untuk plot kejam NPC tersebut.

Pada list kali ini, kami akan urutkan karakter yang awalnya membuatmu mempercayai mereka, namun berakhir dibohongin hingga munculkan trust issue pada dirimu.

8 Karakter Game Pembohong yang Bikin Kamu Punya Trust Issue

Karakter Game Pembohong yang Bikin Kamu Punya Trust Issue

Berikut ini 8 karakter video game pembohong yang bikin kamu punya trust issue (awas ada spoiler!):

1. Patches – Souls Franchise

Patches – Souls franchise

Patches menjadi karakter ikonik di seri Souls garapan From Software. Sejak kemunculan perdananya di Demons’ Souls, dia selalu menghianati setiap kali pemain mencoba untuk membantunya.

Dia kembali pada seri Dark Souls, Dark Souls 3, dan juga Bloodborne dengan ending cerita yang sama, kamu dihianati yang dominannya dengan cara ditendang jatuh ke area berbahaya. Maka ketika dia muncul lagi di Elden Ring, kamu kemungkinan besar sudah muak dengan omong kosongnya dan wajar-wajar saja jika kamu bunuh langsung tanpa menyadari dia bakal menjadi vendor nantinya.

2. Mimic Chest – Souls franchise

Mimic Chest – Souls franchise

Satu lagi karakter ikonik di seri Souls, tetapi satu ini lebih sebagai NPC musuh. Seperti yang kamu ketahui, seri Souls mendorong pemain untuk menelusuri tiap sudut peta dengan hadiah tertentu, tak jarang hadiah ini ditaruh di dalam peti.

Melihat sepanjang game kamu melihat peti sebagai sumber item penting, senjata dan juga armor, maka besar kemungkinan kamu tidak menyangka kalau bakal ada peti yang dapat membunuhmu ketika dibuka, membuatmu kehilangan banyak progres dan kembali ke bonfire.

Dengan mengetahui informasi tersebut dengan cara yang kejam, Besar kemungkinan kamu curiga dengan sebuah peti yang ada di game sesudahnya. Tradisi ini lanjut ke berbagai seri Souls lainnya.

3. Atlas – Bioshock

Atlas – Bioshock

Ketika pertama kali mendatangi Rapture, Atlas menjadi orang pertama yang menghubungimu dalam game. Dia dengan sopan meminta pertolongan darimu melakukan ini itu dengan ucapan “would you kindly” dan memberitahu kalau Andrew Ryan adalah orang kejam di balik keterpurukan kota bawah laut tersebut.

Namun pada klimaks game, terungkap bahwa selama ini kamu adalah boneka dari Atlas dan kalimat “would you kindly” yang sering ia ungkap ketika menyuruhmu selama ini ialah kode khusus yang tidak dapat kamu bantah secara psikologis.

Oleh karenanya kamu mengikuti semua perintahnya tanpa basa basi lagi, termasuk membunuh Andrew Ryan yang ternyata ialah ayahmu.

4. Big Smoke – GTA San Andreas

Big Smoke – GTA San Andreas

Di San Andreas, kamu bermain sebagai anggota gang yang dari awal hingga akhir terlihat begitu setia satu sama lain. Semua yang dilakukan adalah penting kepentingan gang dan rival yang mencoba mengganggu keberadaanmu harus dilawan.

Semuanya peduli akan kepentingan gang dan keluarga kecuali Big Smoke, yang ternyata selama ini mencoba menusuk Grove Street dari belakang untuk kepentingan dan kekayaan pribadi.

Secara teknis Ryder bisa saja masuk dalam list ini, namun Ryder sebenarnya tak pernah ditujukan sebagai penghianat, konklusi karakternya terpaksa dibuat lebih pendek karena pengisi suara cabut dari proyek game ini sebelum rampung.

5. Wheatley – Portal 2

Wheatley – Portal 2

Di tengah kebengisan Glados yang terus mengetesmu tanpa henti dengan deretan puzzle-nya di game Portal. Wheatley awalnya hadir sebagai sosok yang ingin jatuhkan sang penguasa Aperture Lab tersebut. Dia terlihat polos dan humoris, membuatmu dibuat percaya dengan si robot mata biru itu.

Namun ketika misi berhasil dicapai yang di mana Glados dirobohkan dan Wheatley mengambil kontrol, seketika dia lupa diri dan juga janji membantumu bebas dari laboratorium tersebut. Wheatley menjadi satu-satunya sosok ramah yang Chloe temui sepanjang dua game ini, dan dia berkhianat ketika statusnya naik menjadi lebih baik.

6. Tohru Adachi – Persona 4

Tohru Adachi – Persona 4

Tampaknya semua orang yang pernah bermain Persona 4 setuju kalau Adachi itu top global pembohong di game ini. Tampil dengan persona polisi yang ramah dan polos, terungkap nantinya pria ini adalah sosok yang begitu licik dan menipu semua orang yang ditemuinya untuk hindari kecurigaan, termasuk denganmu.

Apakah reveal dari Adachi ternyata antagonis utama game selama ini menjadi plot twist yang begitu mengejutkan? Tidak juga, mungkin beberapa pemain sudah bisa menebaknya dari jauh, namun tetap tidak mengubah fakta betapa licik karakter tersebut akan eksekusinya.

7. Albert Wesker – Resident Evil

Albert Wesker – Resident Evil

Albert Wesker awalnya terlihat seperti sosok pemimpin skuad yang dapat dipercaya. Dia menyelamatkan timnya dengan mengarahkan mereka ke rumah besar yang kosong. Namun ternyata itu menjadi rencananya selama ini.

Wesker terungkap telah berkerja dengan Umbrella Corp sebagai mata-mata dan selama ini dia ingin memusnahkan timmu untuk menghilangkan bukti sekaligus menguji eksperimen-eksperimen yang berada di laboratorium tersembunyi di rumah kosong itu. Ini menjadi awal dari deretan aksi penghianatan yang dilakukan oleh Wesker.

8. Edgar Ross – Red Dead Redemption

Edgar Ross – Red Dead Redemption

Red Dead Redemption menceritakan kisah John Marston yang mencoba membersihkan catatan kriminalnya. Edgar Ross janjikan hal tersebut dan membiarkan John bersama keluarganya hidup bebas apabila ia mampu menemukan dan membunuh deretan kriminal yang ia cari.

Namun setelah John selesaikan tugas tersebut, terungkap bahwa Edgar miliki satu orang kriminal lagi yang harus dimusnahkan, yakni John. Hal ini berakhir dengan salah satu kematian tersedih di sejarah game dan yang dilanjut dengan kisah balas dendam yang dilakukan oleh sang anak.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang G-list beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version