9 Karakter Tekken Terkuat Berdasarkan Lore

Heihachi Mishima

Karakter Tekken terkuat tentu menjadi nilai plus yang dimunculkan dalam game. Tekken menjadi game fighting paling fenomenal di dunia. Berbagai karakter Tekken disuguhkan dalam berbagai seri yang ada hingga saat ini. Walaupun banyaknya karakter yang muncul, setiap serinya memunculkan karakter Tekken terkuat berdasarkan lore atau cerita yang ada dalam game.

Kali ini, penulis akan membagikan 9 karakter Tekken Terkuat berdasarkan lore atau cerita yang ada dalam seluruh seri game.

1. Devil Kazuya

Awal cerita munculnya Devil Kazuya bermula ketika Kazuya menginjak usia lima tahun, Heihachi membawa Kazuya kecil ke salah satu puncak gunung berapi. Setibanya di sana, Heihachi langsung menjatuhkan Kazuya di gunung berapi. Untungnya Kazuya berhasil selamat berkat kekuatan misterius yang masuk ke dalam tubuhnya.

Setelah selamat, Kazuya melakukan kesepakatan dengan iblis untuk membalaskan dendamnya pada Heihachi. Ketika Heihachi menjadi pimpinan Zaibatsu baru setelah menggulingkan Ayahnya sendiri, Jinpachi Kazama, ia mendirikan sebuah turnamen bernama “King of Iron Fist”.

Pada turnamen tersebut, Jin Kazama ternyata ikut serta dan berhasil mengalahkan Heihachi. Kazuya menyeret Ayah kandungnya tersebut ke puncak gunung berapi dan membuangnya di sana. Namun, tanpa ia ketahui, Heihachi ternyata selamat dari insiden itu dan kabur untuk bermeditasi mendapatkan kekuatan lebih.

Beberapa tahun berlalu, Kazuya akhirnya bertemu Jun Kazama. Rasa jahat dalam dirinya semakin lama semakin berubah sejak ia bertemu Jun. Sayangnya momen ini dimanfaatkan oleh Heihachi yang datang dan mengalahkan Kazuya dalam turnamen King of Iron Fist. Heihachi kemudian melakukan hal yang sama pada Kazuya, membuangnya ke lahar gunung dan terbunuh. Namun, kekuatan iblisnya berhasil keluar dan melakukan kontak dengan anaknya.

Kazuya ditemukan dalam keadaan sekarat oleh G Corporation. G Corporation melakukan regenerasi pada tubuhnya dan membuat kesepakatan untuk lakukan uji coba pada tubuh Kazuya, dengan tujuan Kazuya ingin menguasai kembali kekuatan iblisnya. Sayangnya hal ini digagalkan oleh Heihachi dengan menghancurkan G Corporation.

Namun, seiring berjalannya waktu, Kazuya tak terobsesi lagi dengan kekuatan iblisnya. Ia memilih bersimbiosis dengan Iblis tersebut. Pada tahap ini, Kazuya dapat memanggil iblis itu kapanpun ia mau (Tekken 5) dan bisa menjadi Devil Kazuya hingga sekarang.

2. Devil Jin

Devil Jin terbentuk karena Jin Kazama, anak dari Jun Kazama dan Kazuya Mishima, juga cucu dari Heihachi Mishima merupakan keturunan yang mempunyai iblis dalam tubuhnya. Seperti yang dijelaskan di atas, ketika Kazuya mati, iblis tersebut kabur dan mendatangi Jin yang kala itu masih dalam kandungan Jun Kazama.

Untungnya Jun berhasil menangkal iblis tersebut agar tidak masuk ke dalam tubuh Jin. Karena tidak ingin anaknya terkena bujuk rayu iblis lagi, Jun akhirnya pindah ke gunung dan membesarkan Jin disana. Namun, seiring berjalannya waktu, setelah kematian Ibunya juga pengkhianatan kakeknya Heihachi dan berhasil mengalahkan Ogre, kekuatan ini semakin lama semakin menyelimutinya. Jin yang dulunya pendiam, berubah menjadi sosok iblis yang selalu memberi kekuatan negatif dalam tubuhnya.

Karena masih mempunyai darah keturunan dari keluarga Mishima, jika berubah menjadi Devil, Jin menjadi tak terkendali. Iblis dalam dirinya tersebut memiliki ingatan tersendiri yang tak bisa ia kuasai. Lama – kelamaan, kekuatan iblis ini semakin menyelimuti dia hingga Devil Jin berubah drastis menjadi True Devil Jin yang bisa kita di Tekken 7.

3. Jin Kazama

Seperti penjelasan di atas sebelumnya, Jin Kazama adalah anak dari Jun Kazama dan Kazuya Mishima. Karena mempunyai keturunan Mishima, menjadikan Jin seorang cucu bagi Heihachi Mishima. Karakter berparas tampan ini muncul di Tekken 3 sebagai MC yang kita ketahui saat ini.

Awal cerita bermula ketika Jun Kazama memutuskan untuk pindah ke gunung setelah berhasil menangkal iblis yang lolos dari tubuh Kazuya ketika Jin masih di dalam kandungannya. Selama hidupnya, Jin menghabiskan waktu belajar seni bela diri bersama Jun. Namun, setelah bertemu Heihachi, Jin memilih tinggal di kediaman Mishima demi belajar bela diri yang ia dapatkan dari Heihachi.

Beberapa waktu berlalu, ketika Jin menginjak usia 15 tahun, ia harus menghadapi kenyataan Ibunya meninggal di tangan Ogre. Ogre menyerap kekuatan Jun karena Kazuya pernah menyentuhnya dan mengira Devil Kazuya masuk ke tubuh Jun. Kemunculan Jin dalam Tekken 3 adalah untuk membalaskan dendamnya pada Ogre, penyebab kematian Jun Kazama, Ibunya.

Namun, setelah mengalahkan Ogre, Jin kabur ke Australia. Penyebabnya selain Ogre, Heihachi mengkhianatinya karena obsesi Heihachi yang ingin mendapatkan darah Ogre agar bisa hidup abadi. Setelah kembali, ia menggunakan Kyokushin Karate sebagai gaya bertarungnya yang baru hingga saat ini.

4. True Ogre

True Ogre adalah wujud lain dari Ogre. Sebelumnya, sebelum Jin mengalahkan True Ogre, Paul Phoenix-lah yang berhasil mengalahkan Ogre pertama kalinya. Sayangnya sebelum berubah wujud, ia kembali dikalahkan oleh Ogre dan tewas di tempat. Dalam kekalahannya tersebut, pada turnamen King of Iron Fist tersebut, Ogre berubah dan menampakkan wujud aslinya, yaitu True Ogre.

Rupa dari True Ogre digambarkan sebagai sosok yang benar – benar mengerikan. Ia mempunyai kepala berbentuk banteng, tanduk yang panjang, gigi tajam, dan mata merah menyala. Tak hanya itu saja, ia juga mempunyai tangan berbentuk ular, berbadan besar, dan menyeramkan.

Wujud seperti inilah yang dilawan oleh seorang Jin Kazama demi membalaskan dendamnya atas kematian Ibunya. Jin benar – benar pemberani ya, brott. Penulis mungkin sudah lari terbirit – birit melihat True Ogre dengan bentuk seperti itu di depan mata.

5. Azazel

Para player Tekken tentu tak asing lagi dengan karakter satu ini. Azazel adalah iblis yang berhasil memberikan kekuatannya pada tubuh keluarga Mishima. Ketika keluarga ini diberikan kekuatan dari Azazel, mereka bisa menjadi jelmaan iblis yang tak terkendalikan.

Jin Kazama, selaku yang mempunyai keturunan Mishima dan kekuatan buruk ini, berniat ingin menghentikan kutukan yang menghantui dirinya. Kutukan ini walau membuat mereka semakin kuat, namun sangat menyakitkan karena mampu menelan kebaikan dan hati nurani manusia yang dihinggapi kekuatan tersebut.

Karena kutukan inilah menjadikan Jin Kazama dibenci oleh hampir seluruh dunia. Karena bisikan dari kutukan ini membuat Jin hampir membunuh penantang turnamen yang ia hadapi. Tak hanya itu saja, ia juga memporakporandakan organisasi – organisasi yang ada di dunia.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Perlakuan kejamnya pada organisasi tersebut membuat Jin Kazama menjadi ancaman dunia yang bisa membangkitkan perang dunia ketiga. Energi negatif para manusia yang menghujat Jin membuat belenggu Azazel, iblis terkuat lepas begitu saja karena ia menyerap energi negatif tersebut. Azazel diramalkan bakal menjadi lebih kuat karena energi itu, bahkan sekelas Devil Jin-pun tak sanggup mengalahkan makhluk ini.

Untuk menghadapi Azazel, Jin Kazama rela melakukan perjalanan yang cukup jauh dan menghadapi musuh – musuh terkuat. Ketika menghadapi Azazel, Jin melampiaskan seluruh amarahnya dalam melawan makhluk. Kemudian, setelah Azazel berhasil ia kalahkan, Jin melakukan Kamikaze, yaitu menabrakkan dirinya yang penuh dengan kekuatan iblis ke Azazel berharap kekuatan itu musnah bersamaan dengan Azazel.

6. Kazuya Mishima

Siapa yang tidak kenal Kazuya? Karakter satu ini menjadi pemeran utama sebelum Jin muncul menggantikan perannya dalam game. Kazuya menjadi jahat dan berwatak kejam akibat ulah Heihachi, ayahnya yang melemparnya ke dalam lahar gunung setelah mengalahkannya dalam sebuah turnamen. Karena ulah Heihachi juga, Kazuya rela melakukan kesepakatan dengan iblis agar menjadi lebih kuat demi mengalahkan ayahnya.

Setelah mengalahkan Heihachi, Kazuya mengambil alih perusahaan ayahnya bernama Zaibatsu. Berbeda dengan ayahnya, Kazuya dikenal sangat kejam selama memerintah perusahaan tersebut. Saking kejamnya, ia berani melakukan penelitian ilegal pada dua hewan agar mempunyai kekuatan hebat dan tidak terkalahkan (Roger dan Alex).

Kembali mengadakan turnamen Iron Fist, Kazuya kembali melawan Heihachi yang dendam akibat kalah oleh anaknya sendiri. Pertarungan sengit itu membuat Kazuya kalah oleh Heihachi dan dibuang ke dalam lahar panas yang membakar dirinya perlahan – lahan.

Namun, karena diselamatkan oleh G Corporation, Kazuya kembali hidup dan rela menjadi kelinci percobaan demi mendapatkan kekuatan iblis yang merasuki dirinya.

7. Paul Phoenix

Berbeda dengan karakter – karakter Tekken yang disebutkan di atas, Paul Phoenix hanyalah seorang manusia biasa yang bisa kita sebut komedian. Lore yang disuguhkan oleh karakter ini bisa dibilang lucu dan penuh lawakan.

Dalam ceritanya, Paul adalah salah satu peserta yang mampu mengalahkan Ogre dalam Iron Fist Tournament. Ia termasuk karakter terkuat jika dilihat dari kemampuannya. Walau ia sendiri mengakui kalau ia lemah dan banyak kekurangan, nyatanya ia mampu kalahkan makhluk mengerikan tersebut.

Karena selalu mempunyai vibe positif, Paul selalu ikut serta dalam turnamen yang diadakan oleh keluarga Mishima tersebut. Sebelum ikut turnamen, Paul dulunya adalah fighter MMA yang terkuat dan dikenal sombong. Terbukti ia selalu mengatakan “I’M NUMBER ONE” setiap memenangkan kejuaraan. Namun, kemenangan itu berakhir setelah ia mengikuti turnamen Iron Fist, karena yang mengikuti turnamen ini adalah orang – orang yang punya kemampuan khusus, manusia hasil rekayasa genetika, juga makhluk misterius.

Walau ia cuma manusia biasa, Paul merasa menghadapi keluarga Mishima adalah suatu kehormatan baginya. Kebijaksanaannya ini ia dapat ketika bertemu dengan Forest dan Marshall Law, ahli Jeet Kune Do yang mengajarinya keahlian tersebut. Dari situ kesombongan Paul perlahan luntur, dan ia mengerti bahwa kemenangan terbaik adalah mampu mengalahkan dirinya sendiri.

Tapi, Paul itu termasuk memenangkan sebuah kemenangan yang mutlak ia miliki, lho. Yaitu ditakdirkan tidak pernah menang dalam kejuaraan turnamen Iron Fist. Kasian~

8. Heihachi Mishima

Heihachi ini bisa kita masukkan dalam kategori ayah durhaka. Kenapa? Karena ia tega melempar Kazuya yang baru berumur 5 tahun ke dalam lahar gunung. Selain itu, ia juga tega melengserkan ayahnya sendiri, Jinpachi Mishima demi menduduki posisi kepemimpinan di Zeibatsu.

Selama menjabat sebagai pemimpin di Zaibatsu, Heihachi selalu membuat kerusuhan. Ia mendirikan Tekken Force dengan dalih “perdamaian dunia”. Ketika pasukan elit ini melakukan ekspedisi di sebuah kuil Aztec, Meksiko dan dimusnahkan oleh Ogre, Heihachi malah menjadikan pasukan ini sebagai tumbal demi mendapatkan darah Ogre yang diyakini mampu membuat orang yang mengonsumsinya mendapat kehidupan abadi.

Keinginan kuatnya ini malah membuatnya bertemu dengan Jin Kazama, anak dari Jun Kazama dan Kazuya Mishima. Selama tinggal di kediamannya, Heihachi mengajari cucunya ini kekuatan bela diri yang ia punyai hingga Jin menjadi kuat demi membalaskan dendam kematian Jun pada Ogre. Sayangnya, karena obsesinya akan darah Ogre, Heihachi rela berkhianat pada Jin dengan menjadikannya “tameng” untuk mengalahkan Ogre.

Bagi para orangtua yang telah mempunyai anak, alangkah lebih baiknya obsesi berlebihan yang dimiliki Heihachi sendiri tidak kamu terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

9. Jinpachi Mishima

Jinpachi Mishima adalah Kakek dari Kazuya Mishima dan juga buyutnya Jin Kazama. Karakter ini muncul dalam Tekken 5. Untuk membuka karakter ini, biasanya kita memakai game shark agar dapat memainkan Jinpachi dalam Tekken 5.

Jinpachi Mishima adalah pemimpin pertama Zaibatsu dalam keluarga Mishima. Dalam 50 tahun kepemimpinan, Ia dikenal bijaksana selama memimpin, sehingga hampir tidak mempunyai musuh ketika menjalankan bisnisnya. Namun sayang, ia mempunyai seorang anak yang sangatlah jahat bernama Heihachi.

Heihachi menantang Jinpachi Mishima demi melengserkan jabatannya sebagai pemimpin Zaibatsu. Dalam pertarungan itu, Jinpachi menyadari bahwa obsesi Heihachi sangatlah besar dalam menumpas dirinya. Selain itu, ia juga menyadari bahwa Heihachi memiliki sifat tamak dan juga rakus akan kekuasaan.

Singkatnya, Jinpachi Mishima kalah dalam pertarungannya melawan Heihachi. Tanpa memandang bahwa ia adalah ayah kandungnya, Heihachi membawa Jinpachi ke Hon-maru (kuil Mishima) dan mengurungnya di sana selamanya.

Nah, itulah 9 karakter Tekken terkuat yang ada dalam lore seri Tekken. Kira – kira karakter terkuat mana yang menjadi perhatian kalian? Atau kalian punya karakter kuat tersendiri dalam seri game ini, brott? Tekken dapat kalian mainkan pada platform Playstation dan juga via PC.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tekken atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version