Karakter Video Game yang Dibuat dari Orang Asli

in

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat banyak developer terkadang tak mau ambil pusing untuk mendesain karakter orisinalnya. Mereka hanya perlu memanfaatkan motion capture, foto, hingga menggunakan orang asli untuk menjadi karakter gamenya.

Selain untuk mempercepat proses pengembangan gamenya, developer juga tak jarang menggunakan model atau aktris terkenal sebagai model karakter. Jadikan mereka dalam situasi win-win solution. Di satu sisi game yang mereka buat menjadi semakin terkenal berkat aktor/model terkenal berperan di dalamnya. Di sisi lain, aktor/model tersebut bisa saja kebanjiran pekerjaan setelah melihat perannya dalam video game.

Berikut karakter video game yang dibuat berdasar orang asli.

Sean Bean sebagai Mark Faba (Hitman 2)

Perannya yang piawai di beberapa film seperti Lord of the Rings yang sayangnya dapatkan karakter yang harus mati terus-menerus, membuat Sean Bean dipilih untuk menjadi salah satu konten di game simulasi pembunuh, Hitman 2. Sean memerankan elusive target bernama Mark Faba, seorang pembunuh dan ahli peledak yang tak segan membunuh para targetnya dengan sangat beringas. Sebagai Agent 47, kamu akan ditugaskan untuk membunuhnya dengan cara apapun dan tak biarkan ia kabur.

Keanu Reeves sebagai Johnny Silverhand (Cyberpunk 2077)

Muncul secara tak diduga adalah kejutan terbesar dari CD Projekt Red dan aktor kawakan Keanu Reeves untuk memerankan salah satu karakter penting Cyberpunk 2077, Johnny Silverhand. Silverhand merupakan karakter penting yang diceritakan sebagai penyanyi dari band bernama Samurai. Ia disebutkan telah mati dan menjadi penolong tokoh utama gamenya, V dan akan terus membantunya di sepanjang permainan. Belum ada kejelasan seperti apa perannya di gamenya nanti karena gamenya sendiri belum rilis.

Norman Reedus sebagai Sam Porter Bridges (Death Stranding)

Meski proyek Kojima Production di Silent Hills yang akan bawa Norman Reedus sempat dibatalkan Konami. Namun Kojima tak menyerah dan mencoba membuat game baru setelah dapatkan bantuan dari Sony Interactive Entertainment dengan Reedus sebagai tokoh utamanya. Sebuah proyek yang kita kenal sekarang sebagai Death Stranding. Game dengan tokoh utama bernama Sam Porter Bridges tersebut dibuat dengan model yang sangat mirip dengan Norman Reedus. Mulai wajah dan seluruh badannya. Aktor yang terkenal dari serial TV The Walking Dead tersebut memerankan Sam dengan sangat baik saat gamenya pertamakali rilis di PlayStation 4.

Alex Zedra sebagai Mara (Call of Duty: Modern Warfare 2019)

Jika kamu memainkan multiplayer Call of Duty: Modern Warfare 2019, maka kamu akan tahu bahwa terdapat operator wanita bernama Mara yang hanya bisa diakses melalui mode multiplayernya. Karakter yang muncul dalam update season pertama gamenya setelah rilis tahun lalu tersebut ternyata dibuat berdasarkan wajah dari orang asli bernama Alex Zedra. Cewek bernama asli Alex Rogers tersebut merupakan aktris, streamer video game, influencer, serta cosplayer. Ia sangat gemar bermain airsoft dan apapun yang berhubungan dengan militer.

Takaya Kuroda sebagai Kazuma Kiryu (Yakuza Series)

Kazuma Kiryu, siapa yang tak kenal pria yang disebut sangat kuat di antara geng Yakuzanya. Kiryu merupakan protagonis dari game karya Toshihiro Nagoshi, berjudul Ryuu ga Gotoku atau Yakuza di versi berbahasa Inggrisnya. Kiryu digambarkan tinggi, keren, dan sangat manly. Cerminkan beginilah seharusnya jadi lelaki. Kiryu dibuat berdasarkan voice aktornya sendiri yakni Takaya Kuroda yang juga merupakan teman Toshihiro Nagoshi. Kuroda telah berkarir dalam dunia voice acting atau sulih suara sejak tahun 2000 sebagai pengisi suara Lin dan Ron di game The King of Fighters 2000. Suara beratnya yang khas bawa karirnya untuk memerankan beberapa karakter seperti Razor dari Hunter x Hunter hingga Kedama dari Boruto: Naruto Next Generation.

Michael Kenneth Williams sebagai Kimble “Irish” Graves (Battlefield 4)

Masih ingatkah kamu misi campaign Battlefield 4 dengan karakter penuh ekspresi Kimble Graves atau sering disapa Irish? Sersan yang berasal dari East Flatbush Brooklyn yang bersekolah di George Westington House High School tersebut dibuat berdasarkan aktor, model, dan penari Michael Kenneth Williams. Menariknya, Williams dan Irish miliki latar belakang yang sama selain profesinya. Williams telah berkarir di dunia film sejak tahun 1995. Ia sempat memerankan beberapa karakter terkenal seperti Jack Lewis di RoboCop 2014 hingga film adaptasi video game Assassin’s Creed sebagai Moussa.

Stefanie Joosten sebagai Quiet (Metal Gear Solid V: The Phantom Pain)

Sudah bukan sebuah rahasia lagi apabila Quiet, karakter super sensual yang hanya mengenakan lingerie dan stocking buah karya Hideo Kojima di Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, dibuat berdasarkan orang asli. Wajah Quiet dibuat berdasarkan seorang model, penyanyi, dan aktris asal Belanda bernama Stefanie Joosten. Joosten tak hanya menyumbangkan wajahnya saja, namun termasuk tubuh dan suaranya (meski sebenarnya Quiet tidak berbicara) untuk dijadikan karakter yang menggoda iman setiap kaum adam yang memainkan gamenya.

Paisha Coffey sebagai Cortana (Halo 4)

Partner AI Master Chief di seri Halo yakni Cortana memang sering berubah penampilannya seiring berkembangnya zaman. AI super canggih yang berbentuk menyerupai wanita tanpa busana tersebut selalu membantu Master Chief dalam mengemban misi-misi beratnya. Penampilan terbaiknya berada di puncak setelah model Paisha Coffey menjadi model 3D dari karakternya. Jadikan Cortana terlihat lebih sedap dipandang jika dibandingkan seri lawasnya.

Hitoshi Ozawa sebagai Daisaku Kuze (Yakuza Series)

Siapa yang tak kenal “saudara” dari Kazuma Kiryu dalam keluarga Dojima paling keren dan epik Daisaku Kuze? Meskipun ia terlihat jahat, namun sebenarnya ia ingin Kiryu mengerti arti dari Yakuza dan bagaimana menjadi seorang pria. Meskipun caranya memang tergolong jahat, mengingat itulah tugasnya sebagai Yakuza. Kuze dibuat berdasarkan penampilan dan wajah asli dari Hitoshi Ozawa, seorang aktor kawakan yang telah berkarir di dunia film Jepang sejak tahun 1984.

Kevin Spacey sebagai Jonathan Irons (Call of Duty: Advanced Warfare)

Memainkan karakter antagonis video game yang sangat mirip denganmu, tentu merupakan tantangan tersendiri. Karena kamu akan dituntut untuk bertanggung jawab penuh agar buatnya jadi nyata. Hal tersebut rupanya tak disia-siakan oleh Kevin Spacey saat ia dijadikan model 3D sekaligus pemeran langsung dari Jonathan Irons, tokoh antagonis utama dari Call of Duty: Advanced Warfare. Spacey memerankan Irons dengan sangat baik. Membuat Irons terlihat sangat licik dan diplomatis dalam waktu yang bersamaan. Menjadikan karakter tersebut salah satu karakter antagonis ikonik yang tak terlupakan dibanding kebanyakan seri teranyarnya.


Itulah karakter video game yang sebenarnya adalah orang asli. Apakah karakter favoritmu termasuk di atas? Atau mungkin ada yang kami lewatkan? Seperti biasa, kamu bisa mencantumkan pendapatmu di kolom komentar setelah artikel ini dibagikan di laman Facebook kami.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.