Prajurit Amerika Serikat Sempat Gunakan Kardus Ala Metal Gear Solid untuk Kalahkan Robot

Kardus Ala Metal Gear Solid

Kardus Ala Metal Gear Solid – Meskipun Hideo Kojima dikenal sebagai sosok yang “gila” akan detil untuk menciptakan pengalaman bermain yang imersif, franchise ikoniknya yakni Metal Gear Solid jauh dari kata realistik.

Takkan ada seseorang di militer akan menggunakan kotak kardus untuk bersembunyi dari deteksi manusia. Fungsi utama dari benda itu ialah untuk menampung barang atau juga packing untuk dikirim ke tempat lain, bukan untuk espionage taktikal melawan robot besar.

Kardus Ala Metal Gear Solid Sempat Digunakan Tentara Amerika Serikat untuk Uji Robot Militer

Kardus Ala Metal Gear Solid sempat digunakan tentara Amerika Serikat untuk uji Robot militer

Namun sebuah kabar baru muncul dari editor The Economist, Shashank Joshi, yang di mana ia membagikan potongan dari sebuah buku tentang kecerdasan buatan (AI) di dunia militer. Dalam buku tersebut, sang penulis bernama Paul Scharre berbagi akan beberapa hal yang militer Amerika Serikat lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan algoritma dari robot AI.

Salah satu tes yang diuji ialah deteksi pergerakan manusia yang di mana mesin harus menangkap pergerakan seseorang ketika masuk dalam jarak sensor. Ketika dilakukan dengan normal yaitu seseorang berjalan ke arah robot, pengujian berjalan lancar. Namun untuk menguji seberapa hebat robot tadi, salah satu prajurit memiliki ide.

Menurut buku tersebut, 8 orang marinir mencoba bermain sebuah game. Siapa yang berhasi menghindari deteksi si Robot menang. 8 Marinir tadi punya berbagai cara mulai dari menggunakan gerobak dorong, beberapa berpura-pura sebagai pohon dengan menggunakan batang, dan yang paling menarik ialah penggunaan kardus.

2 orang prajurit menggunakan satu kotak kardus untuk bersembunyi selagi berjalan pelan-pelan. AI robot tersebut hanya terlatih untuk menangkap pergerakan manusia, makan penggunaan kotak kardus ini meski terdengar bodoh, justru berhasil memecahkan algoritma.

Namun tentu saja kecerdasan robot itu diperbaiki setelahnya, maka tidak ada prajurit dengan mata satu tertutup bakal masuk ke markas mereka hanya dengan modal kotak kardus. Tentunya para gamer langsung teringat kotak kardus Metal Gear Solid, bukan?

Metal Gear Solid, Kojima dan Sederetan Prediksi Akuratnya

Metal Gear Solid, Kojima dan sederetan prediksi akuratnya

Kojima memang dikenal sebagai salah satu developer yang terus memprediksi masa depan. Mulai dari penggunaan misinformasi dengan teknologi digital dalam kehidupan sosial, politik dan juga perang hingga penggunaan ganggang sebagai tenaga alternatif.

Namun mungkin yang paling dikenal saat ini ialah Death Stranding yang di mana game dirilis pada tahun 2019 dan menceritakan tentang pentingnya peran kurir mengantarkan barang di dunia yang di mana orang takut untuk keluar dari tempat tinggal mereka. Satu tahun kemudian, pandemi Covid-19 terjadi.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Metal Gear Solid beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version