Karena Anti-cheat yang Terlalu Sensitif, For Honor Banned Ratusan Pemain Tak Bersalah

ForHonor og 1200x630

For Honor telah dirilis dari 10 hari kemarin, dan tampaknya game yang fokus akan fitur multiplayer-nya ini masih mengalami banyak masalah teknis khususnya pada server peer-to-peer-nya. Namun tak hanya itu saja yang menjadi pembicaraan pemain game bertema medieval ini, tetapi juga program anti-cheat yang Ubisoft suntikkan kedalam game ini dianggap terlalu sensitif sampai-sampai banyak pemain tak bersalah bisa terkena banned.

Telah dilaporkan banyak pemain bahwa mereka di-kicked dari game dengan error code 0006000043. Error code ini berarti pemain ketahuan menggunakkan program hacking selagi bermain, sayangnya banyak pemain yang bahkan tidak menyentuh program hacking apapun justru mendapatkan notifikasi tersebut.

GameRevolution melaporkan bahwa banyak pemain yang terkena banned setelah menggunakkan Xpadder, program untuk mengubah control scheme secara paksa. Tapi mungkin dikarenakan Xpadder dapat digunakkan untuk membuat konfigurasi tombol macro sendiri, Anti-cheat game ini langsung mendeteksi program tersebut sebagai salah satu jenis program hacking karena membuat aksi yang harusnya dilakukan dengan beberapa kombinasi tombol diubah menjadi satu tombol macro saja dengan bantuan program ini.

Tak hanya pengguna Xpadder saja yang harus menelan pil pahit, beberapa gamer game ini juga ada yang terkena banned padahal tidak menggunakkan program apapun atau melakukan exploit apapun selagi bermain. Bahkan ratusan pemain seperti pengguna Reddit satu ini mengakui terkena banned padahal tidak menggunakan program apapun di background.

Pengguna Reddit tersebut menceritakan bahwa dia telah lakukan segala solusi yang ada di Internet dan bahkan menghubungi pihak Ubisoft sendiri, namun tak ada yang membuahkan hasil. Setelah keberadaan Hotfix yang dirilis Ubisoft, dia langsung mencoba kembali mengetes game yang dia beli, tetapi sebelumnya dia mendapatkan email pemberitahuan bahwa dia secara “permanen dibanned” dari game karena penggunaan cheat padahal selama 6 hari dia tak dapat main karena error 0006000043. Karena tak ada bukti untuk membuktikan dia tak bersalah, dia 100% tak bisa main game yang baru saja dia beli. Thread yang dia buat ini langsung meroket ke halaman utama subreddit r/forhonor.

Karena thread Reddit yang dia buat ini, Ubisoft langsung mengontakinya lewat support ticket yang dia kirim. Mereka juga menjelaskan lewat komentar di Thread si penulis jika mereka akan secepat mungkin mengatasi masalah yang dihadapi si penulis thread dan juga pemain-pemain lain yang terkena banned karena error dari Anti-cheat mereka.

Source: Kotaku, Game Revolution

 

Exit mobile version