Karena Corona, Eksistensi Arcade Game di Jepang Terancam

24266 arcade machines

Jepang adalah salah satu benteng terakhir dari budaya arcade yang produktif, di mana orang pergi ke arcade untuk bermain game arcade tetapi ini mungkin tidak bertahan lama. Terutama karena coronavirus COVID-19 dan perintah untuk menghindari tempat ramai dan tinggal di rumah telah menghantam arcade dan toko game Jepang.

Famitsu menerbitkan serangkaian hasil wawancara dari 3-10 April 2020 dengan para manajer arcade terkenal Mikado dan toko game retro BEB Akihabara, yang merinci betapa mengerikan situasinya. Mereka memilih poin tertentu tentang dampak COVID-19.

Adapun poin-poin tertentu yang menjadi hal penting adalah sebagai berikut:

Mikado

Karena pengumuman darurat di Jepang, semua toko yang tidak penting telah diperintahkan untuk ditutup, termasuk Mikado dan arcade lainnya. Sementara pemerintah menyarankan kehati-hatian mulai akhir Februari, pendapatan pada dasarnya sama di bulan Maret. Namun, karena kemungkinan muncul keadaan pengumuman darurat pada 25 Maret 2020, pendapatan turun masing-masing 60% dan 30% di dua lokasi di Takadanobaba dan Ikebukuro.

Karena arcade beroperasi dengan keuntungan marjinal apa adanya dan biaya seperti biaya SDM, peralatan, dan biaya bangunan masih harus dibayar, bisnis menjadi sangat sulit. Karena itu, Mikado telah menggunakan crowdfunding sebagai semacam “investasi untuk masa depan” agar tetap hidup selama masa-masa ini. Sesuai perintah pemerintah, Mikado akan tetap tutup hingga 6 Mei 2020 jika keadaan membaik, dan jika dibuka kembali, pemilik ingin mengadakan sebanyak mungkin acara untuk membuat pendapatan meningkat.

Akihabara @ BEEP

Meskipun bukan arcade, BEEP berspesialisasi dalam barang-barang game retro, komputer lama, dan media. Cara terbesar yang dilakukan BEEP adalah penurunan drastis pada turis asing, yang merupakan sekitar 50% dari pelanggan biasa mereka. Akihabara secara umum juga sangat terpukul, dan kota subkultur yang ramai telah kehilangan banyak pengunjung. Konon, BEEP terus membeli barang-barang lama dari orang-orang yang mau menjualnya, dan jumlah orang itu tetap stabil. Ini juga terus menerima pesanan.

Sementara toko permainan bukan bagian dari keadaan perintah darurat, BEEP ditutup sampai 16 April 2020 karena kehati-hatian, meskipun beberapa hal dapat berubah. Manajer mengkritik perintah pemerintah Jepang karena tidak jelas dan cukup langsung.

Walaupun BEEP sedikit lebih baik karena memiliki divisi yang berbeda, keadaan masih sulit. Manajer meminta orang untuk membantu dengan cara apa pun yang mereka bisa, karena permainan adalah bagian dari budaya Jepang yang harus mereka banggakan, ke titik di mana bahkan orang asing datang ke Jepang untuk membelinya.

Oleh karena itu, hal menjadi masalah besar industri game, apalagi game arcade tentunya sedikit mengalami kemunduran di era game konsol dan game mobile. Jika hal ini terus berlanjut, aka nada kemungkinan dampaknya akan sangat besar bagi industri arcade, harapannya semoga pandemic ini segera berakhir dan Kembali seperti dulu lagi.

Sumber: Siliconera

Exit mobile version