Karena Game Mobile dan PC, Presiden Nintendo Tak Yakin Produknya Bisa Laris di Cina


Follow Us

Sudah pesimis duluan ?

Terlepas dari keunikan inovasi yang dibawa, Nintendo memang bukanlah sesosok pihak yang dianggap cocok oleh setiap lapisan gamer. Karena sepertinya mereka cukup sadar betul dengan limitasi ataupun rintangan terjal yang harus dilaluinya di dunia industri video game.

Nulis artikel dibayar

Berbicara dengan para investor pada pertemuan fiskalnya kemarin, Presiden Nintendo, Shuntaro Furukawa baru saja memberikan suatu pernyataan yang mengejutkan. Beliau resmi mengakui bahwa Nintendo sama sekali tidak berharap banyak terhadap pemasaran konsol Nintendo Switch di negeri Cina. Meski baru-baru ini pemerintah setempat sudah memberi izin kepada Nintendo melalui pihak Tencent yang dipercaya dalam membantu proses distribusi, kecenderungan para gamer di sana dinilai sangat tidak menguntungkan bagi mereka.

BACA JUGA  Mode Co-op Dikonfirmasikan Hadir di Astral Chain

Berkaca dari pengalaman pemasaran produk Nintendo sebelumnya seperti DS dan 3DS yang Shuntaro anggap tidaklah begitu baik, beliau mengatakan:

Kami tahu jika pasar dunia game di Cina memang sedang berkembang dengan sangat pesat. Tapi bila mencoba melihat ke depan, kami sama sekali tak terlalu meyakini hal serupa bisa terjadi pada produk bisnis kami di sana

Realitanya, pasar game Cina jauh lebih bisa ramah terhadap keberadaan platform PC dan Mobile. Tempat untuk platform-platform konsol seperti kami masih belum cukup besar. Sehingga ini akan menjadi tantangan yang berat buat kami.

– Shuntaro Furukawa, presiden Nintendo

Laporan mengenai target dan perkiraan dari berapa hasil keuntungan yang bisa dikeruk di Cina pun juga kabarnya tidak akan Nintendo himpun. Meski begitu, Shintaro tetap menyebut bahwa pemasaran konsol Nintendo Switch adalah sebuah upaya investasi jangka panjang. Beliau masih menyimpan sedikitnya harapan bila perlahan pasar game Nintendo di sana mulai bisa tumbuh dan bergerak ke arah yang positif.

BACA JUGA  Daemon x Machina Pamerkan Gameplay Co-op Multiplayer Perdananya

Menariknya, semenjak berhasil mendapatkan izin untuk bisa memasarkan konsol Nintendo Switch di negeri tirai bambu, saham Nintendo dikabarkan telah naik dengan rasio peningkatan yang mencapai 17%. Terlepas bahwa mereka nampak berusaha low profile, Nintendo sebenarnya masih tetap berada di dalam posisi yang cukup stabil untuk bersaing dengan para penggiat-penggiat industri game lainnya.

BACA JUGA  Absen di E3 2019, Platinum Games Anggap Pengerjaan Bayonetta 3 Masih Lancar

Sumber: GameIndustry.biz


Bangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Nintendo, beserta dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item