Karena Insiden “Salah Klik”, Game Online Ini Dibombardir Review Negatif dan Alami Kepenuhan Server

in ,

Konyol dan kasihan di saat yang bersamaan ?

Developer indie memang selalu punya suatu talenta yang luar biasa dalam membuat game. Namun di luar dari keteknisan mereka dalam menciptakannya, ada banyak hal yang seharusnya bisa dipelajari ketika hendak mendistribusikan ataupun memasarkan game yang telah dibuat. Kejadian yang awalnya terdengar agak “konyol” akan tetapi berakhir secara “kasihan” ini nampaknya bisa menjadi sebuah pelajaran yang tak terlupakan bagi HyperReuts, selaku pencipta game Evolvation.

Evolvation adalah sebuah game bergenre Multiplayer arena shooter dengan tema pertarungan antar pesawat luar angkasa yang sudah lama dirilis sejak setahun lalu. Singkatnya, game ini merupakan game berbayar di Steam yang punya gameplay cepat dan membutuhkan suatu tingkat pemahaman tinggi untuk dimainkan. Pada awal-awal perilisan, Evolvation mendapat banyak review positif meski dalam jumlah yang tidak tergolong besar. Namun peribahasa “karena nila setitik, rusak susu sebelangga” nampaknya begitu kuat sekali menghantam game yang nyatanya hanya dikerjakan oleh dua orang tersebut.

Berawal dari “G.A”

Segalanya berawal ketika HyperReuts ingin membagi-bagikan 10.000 kopi game key Evolvation secara gratis lewat layanan Steam Gift. Mereka melakukan hal itu dalam rangka menyambut update game versi kedua beserta ingin memasarkan yang mereka buat itu secara luas. Tetapi ditengah aksi ringan tangan yang sudah digalakkan, HyperReuts rupanya juga kedapatan menjumpai banyak kopi game key dari mereka yang dijual kembali secara ilegal. Merasa kecewa dan tidak senang dengan hal tersebut, pihak developer akhirnya memutuskan melakukan ban key option di dalam Steam settings akun mereka dengan harapan untuk memblokir game key yang sudah dimonetisasi oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Aksi “ban” yang mereka lakukan itu justru telah menjadi sebuah malapetaka besar bagi sang developer. Entah cara apa yang dipakai oleh mereka untuk memblokir, nyatanya mereka juga memblokir akun-akun tak bersalah yang menerima game key Evolvation secara halal. Sehingga dari sana, banyak player akhirnya melayangkan suatu komplain bernada kemurkaan di halaman kolom review game Evolvation, bahkan sampai menuduh HyperReuts sebagai developer yang mata duitan beserta dengan tuduhan-tuduhan lain yang sejenis.

Sontak, hal tersebut jelas sudah membuat pihak developer Evolvation kaget dan menyesal. Sebagai reaksi dari game mereka yang telah dihujani berbagai review negatif akibat game key para player yang sudah ter-revoke (dicabut kembali), HyperReuts akhirnya secara resmi melayangkan sebuah permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada para pemain karena mereka telah melakukan blunder dalam memilih setting “ban key options”. Pada saat itu, mereka juga mencoba berinisiatif untuk meminta Steam key pengganti kepada pihak Valve, namun sayangnya tidak dipenuhi.

Gratis yang tidak menjadi solusi ?

Panik akan keadaan yang sudah diterima, apalagi bila menyangkut nama baiknya sebagai developer indie, HyperReuts akhirnya harus mengambil satu-satunya jalan yang paling ekstrim, yakni dengan menjadikan Evolvation sebagai sebuah game Free to Play. Namun, langkah mereka untuk menggratiskan game kesayangannya itu ternyata malah menimbulkan sebuah masalah baru.

Meski merupakan game online dan multiplayer, game Evolvation sama sekali tidak menghadirkan segala bentuk fitur microtransaction apa pun di dalamnya. Sehingga dari sana, HyperReuts bisa dibilang sudah tidak bisa lagi mendapatkan keuntungan dari game yang dibuatnya sekarang. Tidak sampai di situ saja, mereka pun sekarang juga semakin dipusingkan dengan masalah server game yang terlalu over-populasi karena pasti banyak gamer-gamer liar yang sangat begitu gemar sekali untuk memainkan game gratisan. Dengan mencatatkan 172 ribu player yang masuk ke game sebagai angka tertinggi (dilansir dari Steamdb), game ini juga akhirnya sempat mengalami banyak gangguan teknis di mana kamu tidak bisa login, memilih kapal, atau minimal bermain senyaman-nyamannya.

Dengan mengakui bahwa server gamenya sama sekali tidak mampu dalam menampung puluhan ribu pemain, HyperReutz saat ini telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengupgrade kapasitas server game meski mereka sadar betul bahwa hal yang dilakukannya sama sekali tidak akan mendatangkan uang, melainkan sebaliknya. Isu-isu teknis tersebut pun untungnya sekarang sudah bisa ditanggulangi meski belum secara sempurna.

Silahkan main…..

Sedangkan mengenai status game Evolvation sebagai game free to play. Dilansir dari sebuah ucapan terima kasih berbalutkan maaf yang sudah HyperReutz umumkan pada hari ini, mereka akan berencana untuk merebranding kembali game Evolvation menjadi game yang jauh lebih matang. Akan tetapi, mereka masih belum bisa memastikan apakah status Evolvation sebagai game F2P sekarang akan berlangsung untuk selamanya, atau akan diganti kembali sebagai game dengan label berbayar ?

 

Yang jelas, untuk sementara kamu telah diizinkan untuk memainkan game Evolvation secara cuma-cuma. Mereka sama sekali tidak akan mempermasalahkannya. Namun, apabila ada diantara kalian yang ingin menghargai kerja keras mereka dalam membuat game, mereka pun memperbolehkanmu untuk mendonasikan uang secara sukarela via Paypal melalui situs resmi dari game Evolvation.

Bagi kalian yang penasaran untuk mencoba seperti apakah game online bertemakan pesawat-pesawatan tersebut, kami persilahkan untuk mendownload gamenya langsung di Steam dengan menekan link berikut. Dan sekaligus, coba direnungkan ya Brott “jiwa ksatria” yang sudah pihak developer ini tunjukan di hadapanmu ?

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]