Karena Melanggar Hak Cipta, Game Remake Sim City 2000 Buatan Fans Resmi Dicabut oleh EA

FloatingCloudCity 1

Di awal-awal tahun 2018, telah muncul sebuah software berkedok open source yang berisikan satu game remake dari Sim City 2000. Game ini sendiri awalnya dikenal sebagai salah satu seri game Sim City terbaik dari seluruh franchise game tentang membangun kota tersebut, sehingga dari sana saja seakan sudah membuat keberadaan software yang bernama OpenSC2K itu sangat dinostalgiakan sekali oleh para penggemarnya. Namun, ternyata sungguh sangat disayangkan apabila game remake yang dibuat oleh seorang fans itu diciptakan dengan cara yang tidak semestinya.

EA selaku pemegang dari hak milik dari franchise Sim City baru saja telah mengendus keberadaan OpenSC2K dan memutuskan untuk langsung mengajukan gugatan hukum, dikarenakan adanya suatu pelanggaran hak cipta yang sudah dilakukan oleh pihal pembuat. Dilansir dari Torrenfreak, telah dilaporkan bahwa ada asset original dari game Sim City 2000 yang secara gamblang dipakaikan langsung ke OpenSC2K. Hal ini nampaknya menjadi fokus perhatian EA dalam melindungi segala bentuk IP (intellectual Property) yang mereka punyai.

Semenjak saat itu, OpenSC2k akhirnya telah resmi dicabut di Github sebagai pihak situs penyedia. Sang kreator, Nicholas Ochoa pun akhirnya buka suara terhadap masalah tersebut. Dengan memberi pengakuan bahwa dirinya tidak pernah dikontak langsung oleh EA, namun baru mengetahui setelah mendapat notif pemeberitahuan dari pihak Github. Ia sebenarnya lebih berharap agar pihak EA bisa berkomunikasi secara pribadi dengannya daripada langsung memberhentikan seluruh hasil karya yang telah ia ciptakan. Karena Ochoa ingin memberi klarifikasi mengenai alasannya menggunakan aset berlisensi tersebut.

OpenSC2K

Dalam sebuah surat gugatan yang sudah EA resmi tulis terkait dengan pelanggaran hak cipta yang sudah dilakukan oleh OpenSC2K. Di sana tercantum bahwa:

Terdapat suatu bagian audio visual yang dapat menimbulkan pelanggaran hak milik EA selaku pihak pembuat. Selama pelanggaran itu terus terjadi, tidak ada cara lain selain dengan melakukan aksi penghapusan demi mengatasi permasalahan tersebut.

Menurut pengakuan dari Ochoa, ia mengakui bahwa dirinya sengaja mengambil asset dari game Sim City 2000 karena game tersebut telah sempat dihadirkan secara gratis di dalam berbagai jangka waktunya oleh EA, ditambah bahwa game klasik itu sudah hadir selama 25 tahun (dirilis pada tahun 1993). Namun apabila EA memang merasa keberatan, ia sangat bersedia sekali untuk mencabut bagian-bagian yang EA rasa bersifat “copyrighted” di versi remakenya ketimbang harus mencabut seluruhnya.

Game Sim City 2000 sendiri sekarang hanya bisa kalian dapatkan secara halal di GOG dan Origin.

Sumber: TorrentFreak

Exit mobile version