Kartu Grafis NVIDIA Maxwell Kini Berumur 10 Tahun

Kartu Grafis Nvidia Maxwell

Tidak terasa umur dari kartu grafis NVIDIA Maxwell kini sudah menyentuh satu dekade, alias 10 tahun. Tentu tidak ada salahnya kita melihat kilas balik apa-apa saja kartu grafis yang menjadi andalan para gamer, yang namanya masih dikenal baik bahkan sampai saat ini. Ketimbang makin penasaran, yuk kita ulik!

Peluncuran Perdana Kartu Grafis NVIDIA Maxwell

Chipset NVIDIA Maxwell yang kini berusia satu dekade

Saat kami berselancar di internet mencari referensi, tak sengaja kami melihat informasi dari VideoCardz yang menyebut bahwa kartu grafis NVIDIA Maxwell kini telah berumur 10 tahun. Benar saja, saat kami melihat informasi dari situs resminya, ada banyak sekali kartu grafis NVIDIA Maxwell yang rilis tepat pada tanggal 19 Februari 2014.

Di antaranya adalah GTX 750 Series, termasuk varian Ti yang kita kenal sebagai ‘Lord Cespleng’, di mana kemampuannya tidak usah kita sangsikan karena mampu menjalankan bermacam game setidaknya sampai tahun di mana VRAM 2GB sama sekali tak mencukupi. Ini merupakan NVIDIA Maxwell generasi pertama.

GTX 750 yang meluncur tepat pada 19 Februari 2014 waktu Indonesia

Beberapa waktu setelahnya, NVIDIA memutuskan untuk meluncurkan beberapa kartu grafis NVIDIA Maxwell lainnya. Di antaranya adalah GTX 900 Series, sampai dengan kartu grafis yang ikonik pada masanya, yaitu Geforce GTX Titan X, dan menjadi penanda NVIDIA Maxwell generasi kedua.

Begini Nasib Kartu Grafis NVIDIA Maxwell Saat Ini

Masih menjadi solusi untuk bermain game dengan budget seadanya?

Satu dekade semenjak peluncuran kartu grafis NVIDIA Maxwell ini, pastinya ada banyak sekali perubahan yang terjadi. Mulai dari peningkatan clock speed, sampai dengan kapasitas VRAM yang kini semakin besar saja untuk memenuhi ekspektasi gamer di zaman now.

Beberapa gamer terpantau masih gunakan kartu grafis sekelas GTX 750 Series dan GTX 900 Series pada PC yang mereka gunakan. Mereka beralasan bahwa kartu grafis yang mereka gunakan saat ini masih mumpuni untuk memenuhi kebutuhan gaming mereka.

Saking tenarnya, GTX 750 Ti ternyata masih diproduksi

Selain itu, kartu grafis ini juga menunjukkan harga jual kembali yang masih lumayan tinggi di pasaran, seolah menunjukkan betapa ‘awetnya’ eksistensi mereka sampai disukai oleh para gamer, bahkan satu dekade setelahnya.

Apakah kalian adalah salah satu gamer yang masih gunakan kartu grafis ini, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version