Kasih Skor 3/10, Reviewer NBA 2K18 Dipaksa Hapus Skor Review oleh 2K Games

in , , ,

Review menjadi pandangan subjektif seorang jurnalis game kepada game yang mereka mainkan. Jurnalis game seharusnya memberikan pendapat jujur mereka dengan game yang mereka review, tapi terkadang pendapat jujur ini sebabkan ocehan dari pembaca yang tak sependapat. Hal tersebut sudah harus dibiasakan oleh sang reviewer karena itulah pandangan subjektifnya yang telah bermain game tersebut, namun selain ocehan dari gamer, terkadang publisher besar ikut tak senang dengan pendapat yang dikeluarkan seorang media tentang game mereka.

2K Games, publisher dari NBA 2K18 dilaporkan memaksa review negatif dari media The Sixth Axis untuk segera dihapus. Sebelumnya, The Sixth Sense komentari microtransaction di game yang begitu parah dalam memaksa pemain membeli konten berbayar agar bisa mempercepat progress game. Dengan satu aspek negatif yang menjengkelkan tersebut, reviewer dari The Sixth Axis berikan NBA 2K18 skor 3/10.

Skor tersebut telah masuk ke website Opencritic untuk dikalkulasikan dengan skor-skor dari media lainnya. Namun beberapa jam kemudian skor itu dihapus. Kini skor di yang ada di website TSA dituliskan sebagai “pending” dan pihak dari The Sixth Axis akan mengubah ulang review tersebut untuk tidak sekedar terlihat seperti protes pengaruh microtransaction game kepada gameplay.

Anehnya adalah 2K Games tidak meminta media lain untuk hapus review mereka meskipun mereka juga kritik masalah yang serupa yaitu microtransaction di game. Namun mungkin karena skor yang mereka kasih tak rendah layaknya 3/10 dari The Sixth Axis, oleh karena itu media lain tak senasib dengan TSA.

Reviewer dari review tersebut hadir ke forum Neogaf setelah topik ini menjadi pembahasan panas di forum tersebut. Dia menuliskan “Setelah review dirilis saya tak ada kontak dengan pihak 2K, justru PR mereka yang hubungi editor saya. Yang saya tahu adalah 2K keluarkan semacam pernyataan tentang masalah yang diangkat di review. Tentu saja, masalah terbesar sistem VC dari 2K18. Anggap saja ini sebagai review in progress, apabila hal tersebut tak berubah sama sekali begitu juga dengan pendapat saya; Saya tak ada ada kontak langsung dengan departemen PR mereka. Melihat mereka langsung menghubungi editor saya sedikit membuat saya curiga.”

Belum ada komentar dikeluarkan dari pihak 2K Games soal masalah ini, dan TSA juga belum berikan skor baru untuk review tersebut. Kita tunggu saja nanti kelanjutan dari berita ini.

Source: Neogaf, The Sixth Axis

 

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.