Keamanan Lemah, Game Browser Ini Berpotensi Bocorkan Jutaan Data Usernya

in ,
Streetmobster Game Screenshot

Celah keamanan memang menjadi masalah yang cukup serius di era informasi. Banyak platform serta hal yang berhubungan dengan teknologi memiliki celah keamanan yang berbahaya. Setelah beberapa platform besar seperti Windows 10 kedapatan memiliki celah keamanan, kini ada salah satu game Browser bernama Street Mobster milik developer BigMage Studio asal Bulgaria.

Street Mobster adalah game MMO free to play yang memfasilitasi kamu membentuk kerajaan mafia sendiri. Game ini tercatat memiliki 1.9 Juta pengguna di dalam game-nya. Melalui laporan dari Cybernews.com, bahwa celah keamanan ini dapat diakses dengan melakukan serangan SQL Injection (SQLi) kepada websitenya. 

Street MobsterDilaporkan pula bahwa game serupa milik developer terkait juga memiliki ancaman keamanan yang serupa. Untuk data apa saja yang terancam terekspos adalah data seperti username, e-mail, dam password. Namun masalah ini sepertinya telah diperbaiki oleh pihak developer terkait, pasca tim investigasi Cybernews.com mengirimkan laporan celah ini kepada pihak developer.

Developer Tak Terbuka Tentang Masalah Ini

Screenshot 4Masalah keamanan yang muncul di platform Street Mobster ini pertama kali dilaporkan pada tanggal 31 Agustus 2020. Kala itu pihak Cybernews selaku pihak yang menginvestigasi temuan itu, melaporkan temuan ini kepada BigMage Studio. Namun mereka tidak mendapatkan jawaban apapun.

Akhirnya CyberNews melaporkan temuan ini kepada badan nasional keamanan informasi Bulgaria bernama CERT Bulgaria. Dimana akhirnya pihak CERT Bulgaria berkoordinasi dan mengirimkan laporan ini kepada pihak developer. Hingga akhirnya pihak Developer memperbaiki masalah tersebut. Meski pada akhirnya BigMage Studio masih enggan untuk berkomunikasi dengan CyberNews. 

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person