Kebijakan Baru Sony akan Sensor Konten Skidipapap Bahkan untuk di Jepang


Follow Us

Konten skidipapap alias konten dewasa mungkin memang menjadi ciri khas untuk beberapa game buatan Jepang, tidak terlepas dari game-game di konsol Playstation 4 yang memang mengambil tema tersebut. Saking seringnya, sejak bertahun-tahun yang lalu konten-konten fan service yang berlebihan ini biasanya akan disensor atau dipotong sama sekali untuk versi luar Jepang (Western) menyisakan hanya para gamer Jepang saja yang dapat menikmati versi uncensored-nya. Namun kini kelihatannya Sony Interactive Entertainment akan lebih memperketat konten ++ tersebut, bahkan untuk perilisan lokal di Jepang sendiri.

BACA JUGA  15 Game Paling Dinanti & Diharapkan Pada E3 2019 Mendatang!
Nulis artikel dibayar

Kebijakan baru ini sendiri kini mengenai salah satu developer lokal Jepang – Light Studio yang mana akan merilis game visual novel baru mereka yang berjudul Silverio Trinity, yang mana memang memiliki konten dewasa sehingga ditolak oleh pihak Sony untuk dirilis perihal tema dewasa tersebut. Yang sedikit membingungkan bagi para developer lokal disana adalah Sony memerintahkan mereka untuk membuat surat permohonan persetujuan kepada Sony dalam Bahasa Inggris, yang tentunya mempersulit para developer yang staff-nya hanya berbicara bahasa Jepang.

BACA JUGA  Microsoft : Project Scarlett Akan Kompatibel Terhadap Semua Generasi Xbox

Pelarangan Sony ini pun sendiri juga mengenai game-game buatan Jepang lainnya, antara lain Omega Labyrinth Z yang gagal merilis gamenya untuk luar Jepang, dan tentunya Senran Kagura Re:Newal yang memang telah diprotes oleh Sony sebelumnya perihal konten vulgar di dalamnya. Sayangnya menurut nichegamer Sony hanya memperketat aturan ini untuk developer Jepang saja. Sedangkan developer-developer dari barat masih tidak terkena aturan ini untuk konten-konten dewasa dalam gamenya.

Lalu bagaimana menurutmu, apakah langkah ini adalah langkah yang bagus bagi Sony agar tidak ada kasus atau skandal yang bisa saja muncul dari para orang tua di seluruh dunia yang memergoki anaknya memainkan game dengan konten yang belum waktunya, mengingat Playstation 4 adalah konsol terlaris hingga sekarang. Atau langkah ini kamu rasa terlalu agresif atau bahkan tidak adil bagi para pengembang game di Jepang sana?

BACA JUGA  Tak Mau Disebut "Stealth Game", Kojima Sebut Death Stranding Bergenre "Strand Game" yang Sepenuhnya Baru


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item