Kebijakan Game Online China Terbaru Diprotes, Begini Reaksi Pemerintah

Kebijakan Game Online China

Kebijakan Game Online China – Beberapa hari yang lalu, komunitas game online PC maupun mobile heboh membicarakan adanya kebijakan baru di China. Kebijakan tersebut membahas tentang aturan-aturan yang dilarang oleh pemerintah setempat terkait fitur seperti daily login, battle pass, dan lainnya.

Kebijakan tersebut mendapatkan berbagai macam respon dari gamer bahkan berdampak langsung ke perusahaan yang ada di sana, seperti Tencent dan NetEase dimana saham mereka turun drastis. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah China telah memberikan pernyataan mengenai kebijakan ini.

Tanggapan Pemerintah Terkait Draft Kebijakan Game Online China Diprotes

Draftnya bakal dikaji ulang oleh Pemerintah China?

Menanggapi banyaknya protes dan besarnya dampak yang muncul dari draft kebijakan game online terhadap industri video game di sana, Pemerintah China memberikan pernyataan resmi mereka.

Dilansir dari National Press and Publication Administration, Pemerintah China akan mempelajari secara serius dari reaksi industri video game dan berencana akan meningkatkan lagi draft yang sudah mereka buat sebelumnya.

Berdasarkan pernyataan dari pihak penanggung jawab dari National Press and Publication Administration mengatakan draft kebijakan tersebut dibuat didasarkan melindungi dan mempromosikan kemakmuran atas perkembangan industri video game online.

Hal ini dibuat untuk menyelesaikan masalah terhadap akses bisnis game online agar diperjelas dengan beberapa aturan yang dijelaskan pada draft agar mengedepankan serangkaian tersebut secara insentif.

Tujuan Draft Kebijakan Game Online Dibuat

Pernyataan dari Pemerintah China

Selain itu dijelaskan juga kebijakan tersebut dibuat untuk melindungi anak di bawah umur dan hak kepentingan konsumen. Proses penyusunan draft kebijakan ini akan dibuat dengan melalui berbagai cara dengan mendengarkan masukan dari pihak departemen, asosiasi, perusahaan, maupun pihak-pihak terkait.

Mereka juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendengar komentar ataupun masukan dari publik agar proses penyempurnaan draft tersebut dapat dilakukan. Hal ini sesuai dengan penjelasan yang sudah tercantum pada draft kebijakan.

Sementara itu di waktu bersamaan terkait pernyataan Pemerintah China terkait draft kebijakan tersebut, diketahui sudah ada 105 judul video game (27/12) telah mendapatkan izin di sana. Dilihat dari format perizinannya, hal ini mengingatkan saya dengan izin PSE yang ada di Indonesia.

Sudah ada 105 judul video game terdaftar oleh Pemerintah China setelah adanya draft kebijakan game online

Itulah informasi mengenai Pemerintah China akan mengkaji ulang draft kebijakan game online yang mendapatkan banyak protes dari banyak pihak dan berdampak besar pada industri video game. Akan seperti apa hasil akhir dari draft kebijakan tersebut?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game OnlineGame Mobile atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version