Kebijakan Baru Game Online di China, Game Tidak Boleh Ada Hadiah Daily Login

Kebijakan Game Online Cina

Kebijakan Game Online Cina – Sudah ada banyak sekali game online hadirkan fitur memberikan hadiah kepada Player ketika mereka melakukan ataupun menyelesaikan misi Daily Login. Tidak hanya game online di PC saja, game mobile juga ada sistem ini agar Player bisa tetap aktif memainkan gamenya.

Dan baru-baru ini, ada kebijakan game online di Cina melarang fitur hadiah Daily Login dan lainnya. Kenapa?

Kebijakan Game Online di China, Tidak Boleh Ada Sistem Hadiah Daily Login

Seperti apa kebijakan barunya, ya?

Informasi ini sedang heboh menjadi perbincangan komunitas game online maupun game mobile. Itu karena mereka menemukan informasi bahwa Pemerintah China sedang membuat sebuah kebijakan baru terhadap game bersifat online, baik itu di PC maupun mobile.

Kebijakan tersebut berupa aturan dimana semua Game Online yang ada di China tidak boleh memberikan hadiah dari Daily Login, bonus top-up pertama kali, dan juga hadiah dari total kumulatif untuk setiap pembelian in-game content. Aturan tersebut diketahui adanya hubungan dengan aturan di sana mengenai ketergantungan bermain game secara berlebihan di China.

Waduh, kenapa bisa dilarang sistemnya?

Selain itu dijelaskan juga bahwa setiap developer maupun publisher game harus menghadirkan fitur pembatasan untuk setiap Player dalam mengeluarkan uang dan dijelaskan juga pada aturan layanan yang muncul lewat pop-up dalam game setiap kali pembayaran akan dilakukan.

Itu berarti sistem game bersifat online yang hadirkan fitur seperti yang sudah dijelaskan tadi terancam akan di-banned di China. Salah satunya adalah fitur Battle Pass yang ada di game online pada umumnya ataupun Welkin Moon dari Genshin Impact.

Berikut ini beberapa rangkuman penting mengenai aturan baru kebijakan game online di China:

Penjelasan di atas berdasarkan kumpulan informasi yang didapatkan dari komunitas di Forum Reddit. Ada kemungkinan terjemahan di atas masih ada kesalahan karena keterbatasan perbedaan bahasa.

Lalu bagaimana dengan game dari China yang dirlis di luar atau Global? Apakah aturan ini akan berdampak atau tidak? Untuk saat ini belum ada kepastian mengenai informasi tersebut.

Berbagai macam dugaan muncul dari gamer mengenai hal ini mengingat banyaknya game dari China rilis secara global yang bisa atau tidak terkena dampaknya. Salah satunya game Genshin Impact dari miHoYo.

Saham Perusahaan Langsung Anjlok

Perusahaan game di China mengalami penurunan saham

Meski kebijakan ini diketahui belum secara sah diresmikan di sana, pengumuman tersebut membuat beberapa saham perusahaan game di China langsung anjlok. Dilansir dari CNN, perusahaan Tencent mengalami penurunan saham sebesar 12,8% di Hong Kong terhitung pada siang hari ini (22/12).

Penurunan tersebut adalah yang paling buruk dialami oleh Tencent sejak Oktober 2008. Dari aturan tersebut, Tencent bisa saja kehilangan uang sebesar 380,4 Miliar Hong Kong Dollar berdasarkan kalkulasi CNN berdasarkan statistik pasar saham. Tidak hanya Tencent saja, bahkan perusahaan lain seperti NetEase bisa berpotensi mengalami hal yang sama juga.

Itulah informasi mengenai adanya kebijakan baru game bersifat online di China melarang adanya sistem hadiah Daily Login dan lainnya. Apakah aturan tersebut benar-benar akan diresmikan di sana? Mari kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Pemerintah setempat.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Online, Game Mobile atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version