Kedepannya Kamu Harus Berhati-hati Dalam Urusan Menimbun Game di Steam untuk di Gift Nantinya

steam gift

Valve kelihatannya semakin mengencangkan peraturannya terhadap Steam. Bila sebelumnya ia mengeluarkan peraturan yang memperketat dalam hal trading, maka sekarang Steam akan memperketat urusan membeli game di Steam Store. Valve kini memperbarui peraturan tentang bagaimana sistem gift bekerja untuk game-gamenya. Terutama untuk game-game yang menggunakan proteksi VAC (Valve Anti Cheat) dan Game Ban anti-cheat. Yang paling jelas peraturan ini akan langsung mengenai game Counter Strike, terutama Counter Strike: Global Offensive yang hingga kini termasuk menjadi game yang paling banyak dijadikan gift oleh para usernya. Entah untuk jual beli maupun memang sebagai hadiah.

Bila sebelumnya para pengguna Steam bebas membeli berapapun banyaknya game-game tersebut di Store, dan menyimpannya di inventory untuk nantinya diberikan kepada pengguna lainnya.  Di dalam peraturan baru yang dikeluarkan oleh Steam, kamu hanya dapat membeli game tersebut untuk dirimu sendiri. Atau langsung mengirimnya sebagai gift kepada orang lain, tanpa ada kemungkinan untuk menimbunnya terlebih dahulu di akun Steammu. Yang lebih menakutkan lagi? Bila kamu kedapatan memberikan game tersebut kepada pemain yang kedapatan terkena permanent ban, maka kamu juga terkena akibatnya karena kamu tidak akan bisa lagi mengirimkan game tersebut kepada siapapun.

Langkah ekstrim ini diambil oleh Valve untuk melawan para cheater dan hacker yang seringkali muncul di game-game multiplayer di Steam, terutama Counter Strike: Global Offensive. Valve mengatakan bahwa kebanyakan hacker dan cheater tersebut memiliki 2 buah akun. Satu akun untuk menumpuk game tersebut di dalam inventorynya, sedangkan akun satunya digunakan untuk bermain. Bila akun yang digunakan bermain tersebut terkena permanen ban oleh Valve, maka orang tersebut dengan mudah membuat akun baru dan memberikan satu kopi game yang sudah ia tumpuk di akun satunya.

Jadi, bagi kamu yang memiliki bisnis jual-beli game Steam. Ada baiknya mulai berhati-hati dalam menimbun maupun menjual game tersebut ke pelanggan. Karena bila kamu sampai memberikan gift kepada seseorang yang terkena permanent ban, kamu juga akan terkena getahnya. Lalu, apakah menurutmu Steam mulai sedikit berlebihan dengan semua peraturan-peraturan ini? Share pendapatmu di komen FP kita!

 sumber: vg247

Exit mobile version