Kedepannya Xbox akan Kedatangan Banyak Game “Single Player”

xbox all access

image courtesy, TIME

Tidak bisa dipungkiri lagi, perkembangan industri game saat ini mulai meninggalkan salah satu aspek tradisional dalam sebuah video game yaitu “single player“. Semakin cepatnya internet dan tuntutan pasar mainstream dengan mode multiplayer yang diinginkan membuat developer maupun publisher meninggalkan aspek utama “single player” sebagai nilai jual utama dalam sebuah game. Lalu apakah hal tersebut membuat semakin berkurangnya game single player baik dari developer maupun publisher yang membuatnya ? atau justru penggemar video game saat ini lebih memilih bermain game dengan mode multiplayer sebagai nilai jual utamanya ?

Masih membahas seputar single player, kini kita beralih ke topik utama yaitu mengenai Xbox dan single player. Beberapa tahun belakangan memang game-game yang rilis di konsol milik Microsoft justru kebanyakan menghadirkan fitur multiplayer sebagai nilai jual utamanya. Sebut saja beberapa judul ekslusif yang rilis di Xbox One menghadirkan fitur multiplayer sebagai nilai jual utamanya, seperti franchise Halo, Forza, Gears dan beberapa judul non-ekslusif seperti Sea of Thieves hingga Titanfall. Berbeda dari generasi sebelumnya di Xbox 360 beberap judul game diantarnya justru masih menawarkan single player ekslusif yang menyenangkan, seperti Sunset OverdriveQuantum: Break, hingga Ryse: Son of Rome. Terlepas dari itu semua, bos Xbox, yaitu Phil Spencer kabarnya akan merubah ekosistem untuk game-game Xbox di masa yang akan datang dengan memperbanyak game single player.

Hal tersebut telah dikonformasi melalui Twitter resmi Spencer yang menjawab sebuah pertanyaan apakah akan lebih banyak game single player yang rilis di Xbox di tahun-tahun kedepan. Dengan lantang dan tegas, Spencer menjawab “Yes, I can confirm“. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi pecinta game single player khususnya di konsol Xbox.

Konfirmasi dari Spencer juga semakin diperkuat dengan fakta bahwa Xbox sendiri mulai mengakuisisi studio-studio game untuk bergabung di Xbox Game Studio sejak E3 2018 lalu ditambah dengan studio yang baru saja dibangun, yaitu Initiative. Kebanyakan dari studio yang diakusisi ini cukup terkenal dengan garapannya membuat game single player. Seperti Obsidian Entertainment yang terkenal dengan game RPG-nya, sementara Double Fine yang konsisten menggarap game single player hingga Ninja Theory, seperti yang kita ketahui studio tersebut juga cukup aktif membuat game single player, seperti DmC atau Devil May Cry versi mereka.

Kita masih belum mengetahui apakah strategi tersebut akan benar-benar membuat Xbox bersinar atau setidaknya berhasil menandingi rival utamanya, yaitu PlayStation di masa yang akan datang. Di sisi lain game dengan mode single player tentunya masih banyak diminati oleh para penggemarnya mengingat beberapa franchise masih mempertahankan mode tersebut sebagai nilai jual utamanya.

 

Sumber: Gamerant

 


Mau baca artikel seputar Xbox hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

Exit mobile version