Kehabisan Stock GDDR5, Varian Nvidia GTX 1650 akan Gunakan GDDR6

in ,

Entah karena memang terkena dampak dari wabah Corona ini yang membuat Nvidia kehabisan stock dari memori GDDR5 yang mereka gunakan, atau memang sebenarnya mereka telah merencanakannya untuk memberi penyegaran untuk seri terendah dari line-up kartu grafis GTX 16XX mereka. Nvidia diam-diam mengeluarkan varian memori GDDR6 untuk GTX 1650.

Kartu grafis rahasia ini sendiri pertama kali dikabarkan oleh ExPreview via Videocardz, yang telah mendapatkan dan me-review GTX 1650 GDDR6 bermerk Zotac tersebut. Anehnya kartu ini tidak memiliki tanda-tanda akan diumumkan kepada publik untuk line up kartu grafis desktop mereka, namun malah muncul di website manufaktur mereka.

Ketika dimintai konfirmasi mengenai alasan mereka secara diam-diam mengganti memori kartu grafis mereka tersebut. Pihak representatif Nvidia secara sederhana  mengatakan bahwa industri kini tengah kehabisan stock GDDR 5, sehingga mereka (Nvidia) bertransisi ke GDDR6 untuk produk-produknya.

Meskipun clock dari GPU-nya malah diturunkan 1485 MHz ke 1410 MHz, namun memory bandwitdh-nya meningkat dari 128 GB/dtk ke 192 GB/dtk. Apalagi Nvidia juga meningkatkan memory clock-nya dari 8GB/dtk ke 12 GB/dtk yang berarti memiliki clock yang sama dengan GTX 1650 Super. Dan yang terakhir, karena versi GDDR6 ini menggunakan clock yang lebih rendah, maka konsumsi listrik dari GTX 1650 GDDR6 ini turun menjadi 76 watt dari versi GDDR5 nya yang mencapai 83 watt. Semua improvisasi ini sendiri memberikan peningkatan overal sebanyak 6-10% untuk seri GTX 1650.

Lalu kapan Nvidia akan melepas versi baru dari GTX 1650 ini? Seperti yang kami bilang sebelumnya, banyak pabrikan yang tengah dihempas Corona yang tentunya membuat produksi mereka tersendat, sehingga Nvidia sendiri juga belum mengumumkan secara resmi hingga sekarang. Terlebih masih ada stock versi GDDR5 yang harus dihabiskan terlebih dahulu. Untuk harga, dari info yang ada berkisar antara 999 yuan atau sekitar 2,3 jutaan untuk versi yang paling murah hingga 1099 Yuan atau sekitar 2,5 jutaan.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Nvidia atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact at [email protected]