Kejadian Lagi! Pemilik Asus TUF RTX 3080 Ti Keluhkan Adanya Thermal Pad yang Lupa Terpasang di GPU

Nvidia Rtx 3080

Setelah sebelumnya sempat terjadi hal-hal diluar dugaan seperti fingerglove yang ditemukan dalam GPU, kali ini kita dikejutkan dengan kabar serupa. Hal ini dialami oleh seorang pengguna Reddit, kamaloo92 yang mengeluhkan mengapa GPU Asus TUF RTX 3080 Ti OC miliknya begitu panas, terutama pada bagian VRAM.

Kelalaian Dari Pihak Asus?

Ia melakukan pengecekan suhu GPU melalui bantuan aplikasi GPU-Z, yang mana dapat memantau hampir seluruh informasi pada perangkat secara akurat. Ia pun dikagetkan dengan suhu VRAM yang hampir selalu menyentuh 110 C, meski penggunaan biasa sekalipun.

Merasa heran, kamaloo92 akhirnya memutuskan untuk langsung membongkar GPU Asus TUF RTX 3080 Ti OC miliknya. Usut punya usut, ia dikejutkan bahwa thermal pad ditemukan hilang di satu sisi GPU.

“GPU ini sebenarnya bekerja secara normal. Tidak ada reboot sama sekali, hanya thermal throttling yang konstan,” tulis kamaloo92. Setelah ia mengetahui letak permasalahan, akhirnya ia pun memutuskan untuk menambahkan thermal pad pada GPU miliknya.

“Saya juga telah menambahkan pad yang hilang dan mengganti semua thermal pad yang sudah ada, demi keamanan,” tutupnya. Hal ini ia lakukan untuk menjaga suhu VRAM turun hingga batas teraman yang mampu dicapai, sehingga tidak terjadi thermal throttling.

Bukan Kasus Pertama

Seorang pengguna Reddit lainnya, obamaprism3 juga menemukan adanya cacat pada bagian pasta yang seharusnya menutup VRAM. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, ternyata pasta tersebut juga menutupi cetakan pada GPU, mengakibatkan suhu berlebih.

Hal ini menjadi sebuah tanda tanya bagi para pembuat GPU, mengapa kejadian seperti ini seakan terjadi berulang kali. Kemungkinan besar, hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang membuat karyawan stress, hingga mengakibatkan permasalahan di bagian mereka, khususnya produksi.

Meski ini masih sekedar spekulasi, namun hal ini sangat menarik karena banyaknya kasus cacat ini terungkap, terutama di pasar GPU.

Sebenarnya, meskipun dalam kondisi pandemi sekalipun, kualitas tetap harus bisa dijaga untuk mengurangi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Namun memang, tidak dapat dipungkiri bahwa akhir-akhir ini banyak permasalahan yang terjadi, terutama di sektor GPU.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version