Pelaku Usaha Ungkap Kelangkaan VGA RTX 4090 dan RTX 4080, Ulah AI?

Kelangkaan Vga Rtx 4090

Sepertinya dunia sudah akan masuk era kelangkaan kartu grafis lagi. Setelah demam kripto selesai, kini industri komputasi digegerkan kembali dengan hadirnya Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan.

Berbondong-bondong berbagai perusahaan mengikuti demam terbaru yang bisa jadikan kuantitas kartu grafis terbaru dari NVIDIA menurun drastis di pasar. Hal inilah yang sedang terjadi di pasar Jepang saat ini.

Retailer Jepang Ungkap Kelangkaan VGA RTX 4090 dan RTX 4080

Kelangkaan kartu grafis flagship NVIDIA

Melansir dari ITMedia (via Wccftech), beberapa pelaku usaha di Jepang sudah mulai alami kelangkaan kartu grafis untuk dua model milik NVIDIA yaitu RTX 4090 dan RTX 4080. Menurut retailer di Jepang sendiri, mereka berspekulasi kalau kelangkaan VGA ini bakal melebar secara global.

Uniknya meski RTX 4080 dianggap sebagai kartu grafis yang tidak punya value baik bagi konsumen/gamer, di pasar Jepang malah kartu grafis itulah yang alami paling banyak kelangkaan.

Salah satu retail di Jepang

Pasar Jepang sendiri mengindikasikan kalau gamer di sana yang sedang mengincar kartu grafis kelas atas NVIDIA seperti RTX 4080 mau tidak mau menyasar seri dibawahnya yaitu RTX 4070 Ti karena kelangkaan tadi.

Jepang Alami Kelangkaan, Gegara NVIDIA Fokus ke AI?

Flagship terbaru NVIDIA

Hal ini juga bisa berarti pasar Asia menjadi pertama kalinya alami kelangkaan kartu grafis tersebut dalam waktu dekat. Dugaannya adalah NVIDIA yang lebih terfokus pada manufaktur GPU untuk AI lewat pabrik TSMC.

Berarti, alokasi untuk VGA kelas flagship bisa saja berdampak dan kedepannya mungkin saja kelangkaan ini akan berangsur melebar ke berbagai negara lain. Alasan lainnya bisa saja NVIDIA tidak mau lagi merasakan oversupply seperti kejadian seri RTX 3000 dahulu.

Apapun itu, semoga kelangkaan ini tidak berlangsung lama agar siapapun yang sanggup membeli bisa dapatkan VGA yang mereka mau, tanpa membayar harga diluar nalar pastinya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version