Kelanjutan Masalah Pancaran Radiasi iPhone 12 yang Sempat Disetop Penjualannya

Radiasi Iphone 12

Baru-baru ini, iPhone 12 sempat disetop penjualannya dikarenakan terdapat masalah pancaran radiasi yang dihasilkannya terlalu tinggi dan kini menjadi berbahaya karena telah menembus batas yang menjadi standarisasi keamanan sebuah smartphone. Pertanyaannya, gimana dengan kelanjutan masalah tersebut?

iPhone 12 Sempat Disetop Penjualannya

Radiasi yang terpancar terlalu tinggi

Sebelumnya, iPhone 12 sempat dilarang bahkan disetop penjualannya dikarenakan pihak France’s National Frequency Agency (ANFR) menemukan adanya pancaran radiasi yang tidak wajar dihasilkan dari smartphone tersebut.

Berdasarkan penemuan yang ditemukan oleh pihak ANFR dan resmi dimuat pada situsnya di sini, seri tersebut ternyata menghasilkan pancaran radiasi yang terlampau tinggi untuk ukuran smartphone pada umumnya, dan hal ini jelas bertentangan dengan standar kebijakan di Eropa.

Sempat kena banned dan disetop penjualannya

Standar yang diterapkan di negara tersebut cukup ketat – di mana asumsi jarak 5mm entah di tas, saku celana, maupun di kantong tas, yang mana radiasi maksimal hanya boleh hasilkan antara 2-4 Watt/Kg. Sayangnya, iPhone 12 memancarkan radiasi yang jauh di ambang batas maksimal yang diterapkan, yaitu pada kisaran 5.75 Watt/Kg.

Alhasil, tidaklah heran mengapa smartphone tersebut sempat disetop penjualannya, mulai dari Perancis, dan tidak menutup kemungkinan negara lainnya.

Janjikan Pembaruan untuk Minimalisir Pancaran Radiasi iPhone 12

Pancaran radiasi yang dihasilkan terlalu tinggi

Per hari ini, Apple ternyata sadar akan hal tersebut dan berdasarkan laporan GSMArena, raksasa tersebut menjanjikan pembaruan untuk meminimalisir pancaran radiasi yang dihasilkan oleh iPhone 12.

“Kami akan meluncurkan pembaruan untuk para pengguna di Perancis supaya dapat memenuhi segala kebijakan yang berlaku. Kami tidak sabar untuk melihat smartphone tersebut kembali dibolehkan diperjualbelikan karena ini hanyalah masalah yang terbatas di negara tertentu saja, dan bukan ancaman kesehatan.” – Pihak Apple

Walau sebenarnya belum jelas bagaimana pembaruan akan dapat mengurangi pancaran radiasi, namun raksasa tersebut percaya bahwa dengan peluncuran pembaruannya nanti akan mampu memenuhi standar kebijakan di Eropa.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version