Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED yang Harus Kalian Ketahui

Layar Amoled

Di dunia teknologi yang kian menawarkan banyak sekali inovasi ini, kita tentu dimanjakan oleh bermacam hal di dalamnya. Termasuk di antaranya kehadiran dari Layar AMOLED yang kini sudah mulai merambah menjadi standar dari smartphone zaman now.

Cara layar ini menampilkan warna-warni

AMOLED memiliki kepanjangan Active Matrix Organic Light-Emitting Diode. Di mana teknologi ini menawarkan kenyamanan saat kita menatap layar dalam waktu cukup lama. Hal ini tentunya senada dengan kebutuhan generasi zaman now, yang mayoritas lebih menyukai smartphone dalam sehari-hari dari komputer.

Bermacam warna yang ditawarkan oleh panel AMOLED

Bisa dikatakan Layar AMOLED Adalah salah satu bentuk inovasi dalam memberikan imersi dan rasa nyaman, khususnya saat kita memainkan games. Namun, di antara kita tentu masih ada yang belum paham terkait inovasi satu ini.

Nah, daripada berlama-lama, yuk kita kenalan sama jenis layar yang bisa saja tak kita sadari telah kita gunakan selama ini.

Kelebihan Layar AMOLED, Ternyata Ada Banyak

Salah satu implementasi bentuk layar dengan panel demikian

Inilah kelebihan Layar AMOLED yang ternyata cukup banyak dan menarik untuk diulik:

1. Lebih Jernih dan Terang

Salah satu kelebihan AMOLED Adalah layarnya yang konon lebih jernih dan terang. Tentu ini bisa jadi salah satu nilai jual dari layar yang konon makin umum ditanamkan pada smartphone zaman now.

2. Hadirkan Lebih Banyak Warna

Selain menawarkan layar yang lebih imersif, Kelebihan Layar AMOLED lainnya terletak pada warna yang ditawarkan terbukti lebih masif. Jadi, kalau brott tengah pakai smartphone yang tanamkan layar ini, tentunya akan dapat dengan mudah mendeteksi bedanya dari layar yang memakainya.

3. Lebih Mudah untuk Diproduksi

Alasan lainnya ialah kemudahannya untuk diproduksi secara masal ketimbang layar jenis lainnya. Kalau kita memiliki pabrik, tentu kita akan lebih memilih mana yang dapat memproduksi layar lebih banyak dalam waktu cepat dan tak membutuhkan banyak sumber daya, bukan?

4. Tahan Benturan

Konon katanya salah satu benefit lain dari Layar AMOLED Adalah memiliki ketahanan yang baik, khususnya terhadap benturan. Tentunya, hal ini akan jadi nilai tambah, karena memiliki ketahanan ekstra di luar gorilla glass dan sejenisnya tentu dapat memberikan ketenangan batin.

Kekurangan Layar AMOLED, Gak Kalah Banyak

Ternyata layar ini pun memiliki kelemahannya pula

Selain memiliki kelebihan, ternyata tak membuat AMOLED ada sisi lemahnya:

1. Biaya Produksinya Relatif Mahal

Meski sebelumnya kita dihadapkan fakta di mana produksinya cepat dan tak membutuhkan banyak sumber daya, tetapi biaya produksinya relatif mahal ketimbang panel atau layar jenis lain di kelasnya.

2. Umurnya Jauh Lebih Pendek

Salah satu Kekurangan Layar AMOLED adalah memiliki umur, atau masa pakai yang lebih pendek ketimbang panel atau layar jenis lain. Hal ini dikarenakan banyaknya warna yang diupayakan untuk dapat ditampilkan dalam waktu bersamaan secara kontinu.

3. Potensi Degradasi Seiring Waktu

Menambahkan umur dari layar AMOLED yang cukup pendek, Kelemahan Layar AMOLED lainnya ialah potensi degradasi seiring berjalannya waktu. Termasuk di antaranya potensi burn-in, atau layar yang tampak ‘terbakar’ karena terlalu banyak warna termasuk kecerahan yang ditampilkan dalam satu waktu.

4. Air Adalah Musuh Alaminya

Melansir Wiki, masuk akal rasanya bila melihat layar ini memiliki kelemahan terbesar yang cukup erat kaitannya dengan keseharian kita, yaitu air. Bahkan, sedikit saja partikel tersebut kena ke layar, akan merusak layar dari smartphone yang percayakan panel tersebut.

Nah, itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari Layar AMOLED yang harus kalian ketahui. Walaupun layar smartphone kalian masih belum ditanamkan panel tersebut, tidak ada salahnya untuk ketahui hal ini untuk sekadar menambah bahan referensi sebelum membeli sebuah smartphone.

Bonus: Bakal Jadi Standar Layar di Masa Depan?

Setelah membahas bermacam kelebihan dan kekurangan di atas, tentunya layar ini memiliki potensi untuk jadi standar layar di masa depan. Tidak menutup pula kemungkinan ke depannya layar jenis panel tersebut dapat menjadi standar untuk monitor komputer.

Semoga saja konsep layar ini bisa diterapkan pada dunia komputer, supaya ada jenis panel lain selain IPS, VA, dan TN yang sampai saat ini masih jadi standar layar di dunia komputer.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version