7 Kelebihan Mechanical Keyboard yang Harus Diketahui Gamers

Kelebihan Mechanical Keyboard

Setelah memberikan kesan yang ‘cukup mendalam’ terhadap dunia mechanical keyboard, kali ini kami akan berikanmu bahasan ringan lanjutannya. Yap, kali ini kami akan membahas 7 Kelebihan Mechanical Keyboard, yang konon katanya ‘lebih superior’ dari membrane keyboard untuk sehari-hari.

Padahal, tugas dari sebuah keyboard tak lebih dari sekadar input karakter yang nantinya ditampilkan dalam bentuk visual di layar komputer. Meski demikian, banyak faktor yang tegaskan keyboard jenis ini masih lebih baik dari membrane keyboard, khususnya gamers.

Inilah 7 Kelebihan Mechanical Keyboard yang harus diketahui para gamers.

Kelebihan Mechanical Keyboard, Lebih Superior dari Membrane Keyboard

Sebenarnya, tidak hanya gamers doang yang kecipratan dari kehadiran sebuah mechanical keyboard. Secara umum sih iya, tapi untuk mereka-mereka yang aktivitasnya lama di depan monitor tentu akan dapat benefit dari keyboard ini.

Termasuk di antaranya penulis, walau telah gunakan membrane keyboard selama kurang lebih dua dekade, namun kehadiran keyboard ini miliki andil ubah mindset dari penulis. Meski pada dasarnya tetaplah ‘media input karakter’, namun Kelebihan Mechanical Keyboard di bawah ini bolehkanmu dapatkan garis besarnya.

1. Kemudahan untuk Lakukan Modifikasi

Pondasi yang kerap jadi Kelebihan Mechanical Keyboard sudah barang tak lain tawarkan kemudahan untuk lakukan modifikasi. Mulai dari switch, keycaps, detachable cable, sampai profile yang tawarkan sensasi yang berbeda satu sama lainnya.

Bila kamu orangnya kreatif atau ‘iseng’, modifikasi kecil-kecilan sudah lebih dari cukup untuk ubah suasana pada setup-mu. Meski keyboard seperti ini termasuk kere-hore yang switch-nya tak bisa diubah, cukup ganti keycaps, dan keyboard-mu makin ciamik.

Selain modifikasi ‘remeh’ di atas, ada banyak sekali hal yang bisa kamu rombak, dan tentunya takkan penulis bahas di bahasan kali ini.

2. Tawarkan Bermacam Layout dan Konektivitas

Faktor lainnya di Kelebihan Mechanical Keyboard ialah tawarkan bermacam layout dan konektivitas. Mulai dari full-size atau 104 keys yang contohnya bisa kalian lihat pada kibor di sekolahan, sampai dengan layout 60% yang dicap andalan para gamers.

Banyaknya layout yang ditawarkan sebuah pada keyboard ini boleh jadi alasan mendasar di list ini. Termasuk di antaranya layout ‘aneh bin nyeleneh’ atau embel-embel ergonomis, demi ciptakan pengalaman ketik-mengetik yang lebih imersif dan tak melelahkan.

Selain itu, kelebihan lainnya umumnya tawarkan bermacam konektivitas, mulai dari Wireless 2.4GHz, Bluetooth, dan Wired, buatnya cukup fleksibel.

3. Lebih Awet

Bila membrane keyboard yang biasa kita gunakan cepat lepas tombol space-nya (entah karena murah atau faktor lain) karena lama pemakaian, tidak dengan keyboard jenis ini. Di mana manufaktur berlomba-lomba klaim satu tombol bahkan tahan sampai puluhan juta kali tekan.

Inilah Kelebihan Mechanical Keyboard, di mana akan cukup terasa bila dikomparasi dengan membrane keyboard secara umum. Apalagi bila dibandingkan dengan membrane keyboard di bawah 50 Ribuan Rupiah, wadidaw deh pokoknya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

4. Perawatannya Lebih Mudah

Setelah kita ketahui bermacam kemudahan di atas, Kelebihan Mechanical Keyboard lainnya adalah perawatannya yang lebih mudah untuk dilakukan. Cukup lepas keycaps, dan kita dapat membersihkan keyboard ini dengan cepat. Bila perlu, sekalian lepas semua komponen biar bersihnya merata.

Namun, kalau kamu benar-benar mager, cukup gunakan blower dan tembakkan ke arah keyboard milikmu supaya debunya terbang.

5. Hasilkan Sensasi dan Suara yang Khas

Termasuk penulis, yang suka dengan Kelebihan Mechanical Keyboard ialah mampu hasilkan sensasi dan suara yang khas ketika mengetik. Berdasarkan observasi penulis, banyak sekali faktor yang pengaruhi kedua hal di atas yang tentunya mampu buatmu semangat ketika beraktivitas maupun ketika nge-game.

Mulai dari switch, jenis case pada keyboard, keycaps, sampai dengan mousepad memiliki peranan yang vital dalam hasilkan suara yang khas dan dalam.

Namun, untuk penulis yang tentunya tidak hanya telurkan artikel, kehadiran dari keyboard ini benar-benar cukup membantu. Terutama pada feels alias sensasi, yang mana dan entah bagaimana benar-benar nikmat untuk ditekan terus-menerus, aneh tapi nyata.

6. Memiliki Bobot yang Pas

Kalau untuk bobot sendiri sebenarnya bisa dikatakan relatif, namun mechanical keyboard umumnya memang lebih berat ketimbang membrane keyboard. Meski gunakan bahan plastik, namun entah gimana mechanical keyboard masih bisa lebih berat dari membrane keyboard, namun terasa cocok bobotnya.

Contohnya, migrasi dari Logitech MK240 Nano ke Redragon K614 Anivia justru bolehkan penulisan yang lebih konsisten karena bobotnya yang jauh lebih ‘pas’. Ya, inilah Kelebihan Mechanical Keyboard lainnya, di mana bobot yang pas buatnya tak tergeser selama digunakan.

7. Cocok untuk Temani Setup

Dewasa ini, tak kekinian rasanya bila setup yang kita gunakan tak ada cahaya warna-warni lampu disko atau RGB. Kelebihan Mechanical Keyboard yang diincar para gamers ialah backlit-nya yang bisa diubah per keys, jadikannya terlihat lebih personal bin colorful. Harus dicatat bahwa tak semua mechanical keyboard tawarkan ini ya, brott.

Namun umumnya kehadiran sebuah mechanical keyboard terbukti mampu sempurnakan setup supaya makin terlihat ‘niat’ dan sempurna. Entah itu untuk produktivitas maupun gaming, tampilan dari setup benar-benar akan dapat terdongkrak berkatnya.

Bonus: Tawarkan Kepuasan Tersendiri

Bohong rasanya bila kehadiran mechanical keyboard tak berikan kepuasan tersendiri. Entah ini bisa masuk ke dalam Kelebihan Mechanical Keyboard atau tidak, namun penulis benar-benar merasa puas dengan kehadiran sebuah mechanical keyboard temani aktivitas sehari-hari.

Mulai dari switch, keycaps, profile, yang mana ada banyak sekali pilihan yang boleh jadi membrane keyboard tak tawarkannya sama sekali.

Nah, itulah dia Kelebihan Mechanical Keyboard yang harus diketahui gamers dan mereka yang demen nge-camp di depan monitor berjam-jam. Tertarik untuk memiliknya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version