Setelah 2 Tahun, Apa Kelebihan Windows 11 yang Buat Kamu Harus Upgrade?

Keunggulan Windows 11

Kelebihan Windows 11Windows 11 bentar lagi akan memasuki tahun kedua. Penerus Windows 10 ini memang tidak begitu populer dan mengalami berbagai masalah di awal perilisan. Hingga banyak yang masih menetap di Windows 10 dan enggan pindah.

Tapi tinggal menunggu waktu saja sampai Windows 12 hadir. Berbagai rumor mengatakan kalau versi tersebut akan hadir di 2024 nanti. Hanya saja dengan versi 11 yang sudah mencapai 2 tahun ini, seharusnya sudah banyak bug yang diperbaiki.

Jadi, pertanyaannya sekarang, apakah kelebihan Windows 11 sekarang yang membuat kalian harus upgrade dari versi sebelumnya? Apakah ada perbedaan signifikan dan fitur baru eksklusif di OS Windows kali ini?

Kelebihan Windows 11 yang Perlu Kalian Ketahui

kelebihan Windows terbaru dari Microsoft

Berikut adalah beberapa kelebihan Windows 11 yang mungkin berguna dan bisa yakinkan kalian untuk upgrade. Apa saja itu, mari kita bahas satu persatu, brott.

1. Tampilan Lebih Fresh

Tampilan baru

Banyak yang mengakui kalau desain Windows 11 ini banyak meniru MacOS buatan Apple. Namun mengesampingkan itu, tampilan Windows 11 memang terlihat lebih rapi dan stylish. Start menu yang dipindah ke tengah juga membuatnya terlihat lebih simetris dan enak dipandang.

2. Auto HDR untuk Gaming

Auto-HDR

HDR memang sudah menjadi standar untuk kebutuhan display belakangan ini. Dengan semakin banyaknya layar monitor yang sudah mendukung HDR, tentu kita ingin memanfaatkan fitur ini sebaik-baiknya, apalagi ketika gaming.

Hanya saja tidak semua game mendukung mode HDR dan kita pun tidak bisa menikmati kontras lebih baik yang dihasilkan oleh fitur tersebut. Untungnya Windows 11 ada fitur Auto HDR yang bisa meningkatkan brightness dan color range dari game lama dimana masih menggunakan DirectX11. Alhasil, game jadi terlihat lebih menarik dipandang dengan titik terang dan gelap yang jelas.

3. Keamanan Lebih Terjaga

Butuh Secure Boot dan TPM 2.0

Salah satu alasan kenapa banyak orang malas upgrade Windows ke versi 11 adalah banyaknya syarat keamanan yang harus dipenuhi. Ini memang disengaja oleh Microsoft karena mereka menargetkan kalau Windows terbaru ini harus lebih aman.

Microsoft menargetkan PC harus sudah mendukung TPM 2.0 dan Secure Boot nyala agar bisa gunakan Windows terbaru ini. Jadi, setidaknya rasa was-was kalian bisa lebih dikurangi.

4. Windows Subsystem for Android

WSA

Salah satu keunggulan Windows 11 adalah bisa menjalankan aplikasi Android tanpa perlu lagi memasang emulator tambahan. Ketika awal rilis memang masih sedikit aplikasi yang didukung namun seiring berjalannya waktu, sekarang dukungan aplikasi jadi lebih banyak dan fitur baru pun ditambah.

5. Loading Game Lebih Cepat dengan DirectStorage

Directstorage

Salah satu yang dijanjikan akan hadir di Windows 11 adalah DirectStorage. Fitur ini akan membuat loading game lebih cepat dan menghemat waktu. Walau memang tidak semua game mendukung fitur tersebut, setidaknya judul game tersebut akan bertambah seiring waktu.

Hanya saja memang kalian harus punya hardware lebih modern untuk menikmati fitur ini, seperti SSD NVMe dan kartu grafis yang sudah dukung DirectX12. Jadi bagi kalian yang masih gunakan harddisk atau SSD SATA 2,5 inci, fitur ini tidak bisa kalian gunakan.

6. Multi-tasking Lebih Baik dengan Snap Layout

Snap Layout yang lebih intuitif

Berbeda dengan Windows 10, versi terbaru kali ini membawakan perubahan yang lebih baik bagi mereka yang sering multi-tasking. Dengan fitur Snap layout, pengguna bisa langsung memilih layout seperti apa yang ingin mereka gunakan.

Di Windows 10, pengguna harus snip sendiri aplikasi ke bagian  kiri atau kanan untuk masuk ke mode multi-tasking. Windows 11 membolehkan pengguna untuk memilih dulu layoutnya baru aplikasi disesuaikan dengan layout yang kita pilih. Lebih intuitif dan simpel pastinya.

7. Kecerdasan Buatan Terintegrasi

Copilot gantikan Cortana

Memang masih baru, tapi Microsoft terlihat niat untuk memasukkan AI dalam OS mereka. Setelah mereka mencampakkan Cortana, Microsoft mengenalkan Copilot, sebuah asisten digital yang terintegrasi dengan Artificial Intelligence.

Microsoft juga banyak mengenalkan fitur AI sejak bulan Mei lalu, seperti integrasi Bing Chat yang disusupi ChatGPT. Chatbot yang tengah naik daun ini menjadi agenda utama Microsoft menaikkan pamor Bing sebagai mesin pencari yang relevan.

Jadi itulah berbagai kelebihan Windows 11 yang mungkin bisa membuat kalian upgrade. Apakah ada yang masih ragu dengan OS terbaru Microsoft ini? Coba ceritakan pengalaman kalian di komentar ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version