Kelompok Hacker yang Bobol Capcom Akhirnya Telah Ditangkap

Kelompok Hacker yang Bobol Capcom

Hacker Capcom – Ragnar Locker Ransomware Group merupakan salah satu kelompok hacker paling berbahaya. Mereka dipercaya sebagai otak dibalik serangan pada sekitar 200 perusahaan international di 2020, termasuk Capcom. Bagi yang ketinggalan, merekalah yang membocorkan Street Fighter 6 dan Resident Evil 4 Remake, yang mana kala itu masih dikembangkan.

Selain itu, Capcom juga mengonfirmasi bahwa Ragnar Locker Ransomware Group tidak hanya mencuri dan membocorkan laporan penjualan, data finansial dan data rahasia perusahaan, tapi juga informasi personal karyawan dan kustomer.

Ragnar Locker Ransomware Group, Kelompok Hacker yang Bobol Capcom Telah Ditangkap

Kelompok Ragnar Locker Ransomware yang dulu pernah bobol data Capcom diketahui telah ditangkap

Kini setelah tiga tahun sejak kejadian itu, Europol dan The European Agency for Criminal Justice Cooperation menangkap Ragnar Locker Ransomware Group dalam operasi internasional bersama. Dilansir dari pernyataan resmi Europol, pihak berwajib berhasil menangkap target kunci dari kelompok hacker tersebut di Paris, Perancis dan sedang menggeledahnya rumahnya di Ceko.

Selain itu, aparat penegak hukum juga mewawancarai lima tersangka lainnya di Spanyol dan Latvia. Lalu, Europol juga berhasil membawa pelaku utama yang diduga sebagai pemimpin kelompok ini, ke hadapan hakim pemeriksa di Pengadilan Yudisial Paris.

Hacker

Operasi internasional gabungan Europol merupakan hasil dari investigasi French National Gendarmerie yang bekerja sama dengan otoritas penegak hukum dari Ceko, Jerman, Jepang, Latvia, Belanda, Spanyol, Swedia, Ukraina dan Amerika Serikat.

Diharapkan Bisa Jadi ‘Pesan Kuat’ Bagi Kelompok Hacker Lainnya

Jadi ‘pesan kuat’ bagi kelompok Hacker

Kepala European Cybercrime Center di Europol – Edvardas Sileris mengatakan bahwa terlepas dari pencegahan dan keamanan yang meningkat, kelompok hacker akan terus berinovasi dan menemukan korban baru. 

Namun, ia berharap jika penangkapan Ragnar Locker Ransomware Group akan mengirimkan “pesan kuat” kepada kelompok hacker lainnya yang merasa jika mereka bisa terus melakukan serangan tanpa adanya konsekuensi.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Capcom atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version