[Opini] Keluh Kesah Iklan YouTube Paling Menyebalkan Bagi Pengguna Non-Premium

Iklan Youtube

Iklan YouTube – Berselancar di jagat maya sekarang tidak jauh-jauh dari sosial media. Selain media besar seperti Facebook dan Twitter, aktivitas menonton video juga menjadi kebiasaan kaum milenial kebawah. Situs yang biasa dikunjungi? Tidak jauh dari YouTube atau TikTok.

Nah membahas soal YouTube, kebanyakan dari kita sebagai pengguna tentu menggunakan situs tersebut secara gratis alias tidak berlangganan premium. Yang berarti kita bisa menemukan iklan di setiap awal video serta beberapa di tengah dan akhir video.

Keluh Kesah Iklan YouTube Paling Menjengkelkan

Biarkan penulis berkeluh kesah sebentar hehe

Hal ini tentu lama kelamaan terasa menyebalkan dan mau tidak mau kita harus berlangganan layanan premium. Apalagi ketika kita menonton video yang lumayan panjang, iklan yang muncul bisa setiap beberapa menit sekali dan totalnya kita bisa menonton hingga belasan iklan.

Padahal kalau kita kilas balik ketika YouTube awal-awal rilis malah iklan yang tampil tidak seagresif sekarang. YouTube sendiri baru dimasuki iklan setelah dibeli oleh Google tahun 2006 akhir.

Ya penulis mengerti jika platform buatan Google ini memang membutuhkan layanan iklan tersebut untuk membantu konten kreator mendapatkan insentif dari Adsense. Namun apakah penonton benar-benar hanyalah alat cuan seperti yang sering penulis dengar dari video-video edukasi bahwa, jika kita tidak membayar ketika memakai suatu produk maka sebenarnya kitalah produknya.

Terlebih jika iklan 5 detik ini tidak dapat di-skip dan dikombinasikan dengan dua iklan sekaligus. Menambah kekesalan saja. Bahkan ada beberapa yang mengeluhkan mereka bisa menemukan 5 iklan sekaligus di awal video. Benar-benar diluar nalar kalo kata anak muda sekarang.

Problema YouTube Iklan yang Kadang Isinya Menyebalkan

Kurang banyak iklannya, Mas!

Itu baru soal banyaknya, belum lagi kalau kita bahas isi iklan yang hadir. Apalagi kalau kita kehadiran iklan yang cringe seperti iklan pinjaman online. Padahal jenis iklan ini sangat menyesatkan dan berpotensi menjatuhkan orang-orang dalam jurang pinjol yang berbahaya.

Lalu ada iklan gatekeep powerlevel yang sebenarnya iklan game mobile namun malah punya cerita diluar game yang diiklankan. Kadang kita bisa temui iklan tersebut malah menggunakan lagu game lain. Atau iklan salah satu game tower defense yang menggunakan influencer terkenal. Kalian pasti tahu iklan yang penulis maksud.

Kalau di bola ada SIUUUUU

Sampai ada iklan game yang isinya hanya teriak-teriak tidak jelas. Entah apa yang dipikirkan oleh pengiklan sampai menciptakan iklan menyebalkan seperti itu. Apalagi jika iklan tersebut keseringan muncul dan membuat kesabaran habis.

Perlakuan ini bukannya tanpa perlawanan. Sering kali beberapa lembaga di seluruh dunia mengangkat isu ini. Terlebih jika iklan yang ditampilkan tidak sesuai dengan demografi penontonnya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Bayangkan saja, video yang ditujukan untuk anak kecil malah menampilkan iklan tidak sepatutnya hadir seperti iklan judi misalnya. Iklan yang hadir pun tidak dikontrol secara manual dan membiarkan algoritma berjalan sendiri. Setelah ada kesalahan target dan ada yang melapor baru ditangani oleh Google.

YouTube Tanpa Iklan Apakah Bisa?

Iklan terus

Lalu apakah ada solusi yang bisa kita lakukan buat menghindari iklan-iklan menyebalkan ini. Kalau penulis pribadi, ada dua cara yang bisa kita ambil buat menghilangkan iklan di video YouTube kalian.

Cara pertama yang terkadang penulis pakai adalah menggunakan layanan premium. Tentunya ini tidak bisa jadi opsi bagi semua orang. Mengingat biaya premium itu basisnya adalah layanan per bulan yang cukup besar biayanya.

Aplikasi YouTube Tanpa Iklan

Aplikasi yang pasti kalian tahu

Sedangkan opsi kedua ini cukup menarik untuk dibahas. Kalian mungkin sudah sedikit banyak mengerti maksud penulis. Ya, menggunakan extension adblock untuk desktop atau aplikasi YouTube tanpa iklan untuk pengguna Android.

Cara ini tidak selalu bisa direkomendasikan karena pengembangan software-nya sendiri juga kucing-kucingan dengan pihak Google. Seperti beberapa saat lalu salah satu aplikasi YouTube tanpa iklan yang sempat populer mendapatkan surat cinta dari pihak Google. Membuat aplikasi tersebut dihentikan pengembangannya dan dihapus oleh mereka.

Lalu sebagai pengguna normal seperti kita apa yang bisa kita lakukan? Sebenarnya menggunakan YouTube tanpa iklan apk maupun ekstensi browser itu semua balik lagi ke pengguna masing-masing.

Bagaimana Mendapatkan YouTube yang Tidak Ada Iklan?

Uang iklan dikemanakan ya

Penulis sendiri tidak akan memberitahu bagaimana caranya menggunakan metode seperti itu. Caranya sudah gampang kalian cari dan tersedia banyak di internet. Hanya saja jika kalian menggunakan cara tersebut, sebisa mungkin whitelist channel kesayangan kalian. Setidaknya itu adalah bentuk support kalian terhadap konten kreator kesayangan. Tapi itukan kalau menurut penulis.

Semoga kalian tidak kecewa karena penulis malah rant panjang lebar kali ini. Jadi bagaimana cara kalian menikmati jejaring sosial ini, apakah lanjut terus meski banyak iklan, atau menggunakan YouTube yang tanpa iklan? Beri tahu opini kalian di komentar ya, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version