Kemampuan Intel Alder Lake Kategori Entry-Level Ini Berhasil Taklukkan Rivalnya

Intel Alder Lake Terbaru

Generasi Ke-12 dari Intel dengan codename Alder Lake kembali tunjukkan taringnya untuk melawan AMD, rival abadinya. Setelah kita cukup kenyang dengan benchmark di sana-sini pada prosesor kelas atas, kini kami dikejutkan kembali. Prosesor yang menyasar kelas entry-level ini pun bahkan mampu mengasapi prosesor rival dengan kemampuan yang setaraf.

Berhasil Taklukkan Rivalnya

https://twitter.com/KOMACHI_ENSAKA/status/1466081650098335744

Informasi ini pertama kali kami dapati berdasarkan cuitan KOMACHI_ENSAKA, seorang PC Enthusiast yang cukup mempunyai reputasi. Dalam cuitannya, ia menyebutkan bahwa prosesor entry-level terbaru dari Intel, berhasil memenangkan kompetisi melawan dua prosesor dari kubu merah AMD.

Tak hanya itu, KOMACHI_ENSAKA pun meletakkan link yang merujuk pada salah satu situs yang menekuni bidang komputer, HK-XFASTEST. Pihak HK-XFASTEST mendapat kehormatan untuk mencoba prosesor contoh dari Intel Core i3-12100, yang masih satu keluarga dengan Alder Lake tersebut.

Sebagai informasi, prosesor entry-level dari Intel tersebut menawarkan 4 core dan 8 thread, yang mana mirip seperti pada Generasi Ke-10. Meski berbasis Alder Lake, namun prosesor ini tak mengusung hybrid architecture seperti saudaranya, dan hanya ditanamkan performance core Golden Cove.

Prosesor Intel Core i3-12100 tersebut dipasangkan dengan motherboard Asrock Z690 Steel Legend. Tak lupa dipersenjatai dengan RAM DDR4-3600MHz sebesar 16GB, dan disempurnakan dengan GPU RTX 3060Ti.

Berbicara tentang performa, sepertinya Intel akhirnya benar-benar membenahi prosesornya bahkan pada kategori entry-level sekalipun. Hal ini dibuktikan pada benchmark yang dilakukan oleh pihak HK-XFASTEST di mana mereka mempertandingkannya dengan dua prosesor AMD.

Di antaranya adalah Ryzen 3 3100 dan Ryzen 3 3300X yang mendapat kehormatan untuk melawan prosesor terbaru dari Intel tersebut. Sayangnya, kedua prosesor dari kubu merah AMD tak berkutik dalam benchmark single-thread maupun multi-thread yang dilakukan HK-XFASTEST tersebut.

Mulai dari PCMARK, Cinebench R23, Premiere, dan CS-GO, posisi teratas berhasil diamankan oleh prosesor entry-level Alder Lake tersebut.

Tak hanya berhasil mendepak prosesor AMD dari segi performa, Intel Core i3-12100 tersebut bahkan lebih hemat daya, tak seperti saudaranya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version