Kementerian Budaya dan Olahraga Kazakhstan Mulai Akui eSports Secara Resmi

in ,

Perkembangan dunia eSports yang sangat pesat di seluruh dunia memang sudah tak terelakan lagi. eSports dengan cepat mewabah, dan mulai digandrungi banyak kalangan dari remaja sampai dewasa. Hal ini telah mempengaruhi banyak hal, terutama beberapa ajang Olimpiade Olahraga yang mulai berminat memasukkan eSports sebagai salah satu cabang Olahraga resmi dalam Olimpiade.

Tak hanya itu, beberapa negara-pun mulai mengganggap eSports secara penuh. Tak lagi dipandang sebelah mata, kini tak sedikit negara yang mulai mengakui eSports dan membantu pengelolaannya. Yang terakhir adalah Kazakhstan yang akhirnya meresmikan eSports sebagai salah satu cabang olahraga dengan memberikan akreditasi penuh pada Qazaq Cybersport Federation, organisasi yang membantu dan mengawasi eSports di Kazakhstan. Dengan akreditasi tersebut, seluruh tim eSports asal Kazakhstan bisa mewakili negara mereka secara resmi dalam pantauan Qazaq Cybersport.

Baru terbentuk 2 tahun lalu, Qazq Cybersport Federation adalah organisasi non-profit yang berusaha membantu dan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa eSports adalah sebuah hal yang patut diperhatikan. Dengan diresmikannya mereka, harapan baru terbuka lebar bagi para pejuang eSports asal Kazakhstan. Pasalnya, mereka kini dapat mengadakan event-event eSports internasional di dalam negeri.

Mengingat memang beberapa talenta eSports yang tengah bersinar belakangan ini memang berasal dari negeri Kazakhstan. Sebut saja 3 pemain CS:GO mereka di Gambit eSports yang merupakan salah satu tim yang beberapa kali tampil dalam ajang besar CS;GO. Serta mereka juga memiliki beberapa talenta eSports lain di berbagai cabang seperti DOTA 2, AoV, Hearthstone dan banyak lainnya.

Lis Adikarta

Written by Lis Adikarta

Penulis rumahan, menulis hal-hal tentang DOTA2 & Pokemon. Waiting List buat jadi Pengangguran.