Kena Hujat Netizen, Sony Revisi Kebijakan Upgrade Horizon Forbidden West

Forbidden West

Menjadi salah satu sekuel yang ditunggu-tunggu oleh fans PlayStation, Sony bersama Guerilla Games baru-baru ini mengumumkan beberapa edisi pilihan (yang membingungkan) untuk Horizon Forbidden West. Naas-nya, hal ini justru mendapatkan respon negatif dari para fans, terutama terkait persoalan upgrade gamenya dari versi PS4 ke versi PS5.

Sebagai informasi, sebelumnya pemain yang membeli edisi standard dan special Horizon Forbidden West di PS4 tidak memiliki kesempatan untuk upgrade ke versi PS5, namun versi PS4 bisa dimainkan di PS5 lewat fitur backward compability. Jika ingin memainkan di kedua platform, maka pemain harus membeli Digital Deluxe Edition. Lebih lanjut, pemain juga bisa membeli edisi Collector’s maupun Regalia, dimana memberikan banyak goodies menarik dan sebuah steelcase, namun gamenya yang diberikan justru hadir dalam versi digital.

Sukses menerima hujatan dari warganet, termasuk saya lewat sebuah meme, Jim Ryan selaku Presiden dan CEO dari Sony Interactive Entertainment langsung merivisi kebijakan yang dinilai tidak consumer friendly tersebut. Secara spesifik, pihak Sony memutuskan untuk menggratiskan upgrade Horizon Forbidden West dari versi PS4 ke versi PS5.

Hanya saja, kebijakan ini hanya berlaku untuk Horizon Forbidden West saja. Jim menambahkan bahwa kedepannya pemain perlu membayar $10 untuk meng-upgrade game dari versi PS4 ke versi PS5, khusus game yang diterbitkan langsung oleh Sony Interactive Entertainment; seperti God of War dan Gran Turismo 7 yang juga akan datang misalnya.

Komunitas video game sendiri tentu menganggap kebijkakan yang dilakukan Sony terhadap PlayStation ini justru membuat Xbox sedikit lebih bersinar, terutama dalam aspek kepuasan pelanggan. Xbox memiliki fitur smart delivery dimana edisi apapun yang dibeli, pemain dapat memainkannya di Xbox One maupun Series X|S tanpa ada biaya tambahan. Xbox juga memiliki alternatif berupa game pass, dimana pemain dapat berlangganan tiap bulannya untuk mengakses ratusan game di Xbox maupun PC, bahkan beberapa rilisan terbaru sekalipun.

Blunder yang dilakukan Sony kali ini seolah-olah mengulangi kejadian beberapa tahun silam, dimana mereka mengdiskreditkan Xbox dalam persoalan game sharing. Hanya saja, kali ini Sony yang kena hujatan warganet.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Horizon Forbidden West atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version