Orang Ini Kena Tipu, Beli Prosesor Intel Core i9-13900K Malah Dapat i7-13700K!

Prosesor Intel Core I9-13900k

Dunia tekno tampaknya makin ramai dengan kasus penipuan maupun penyelundupan. Kali ini, kami mendapati seorang konsumen kena tipu saat beli prosesor Intel Core i9-13900K yang malah mendapatkan Intel Core i7-13700K setelah ditelusuri lebih lanjut. Lah, kok bisa yah?

Beli Prosesor Intel Core i9-13900K Malah Dapat i7-13700K

User Reddit yang bertanya-tanya kenapa spesifikasinya tidak sesuai

Kasus penyelundupuan yang terjadi belakangan ini di dunia tekno mungkin masih terdengar biasa saja. Lantas, bagaimana dengan kasus penipuan atau scam yang menimpa salah seorang konsumen ini saat berbelanja di salah satu marketplace terbesar di dunia?

Informasi terkait penipuan ini kami dapatkan dari Reddit, di mana user bernama Much_Designer_8417 memposting “Intel Core i9-13900K terdeteksi sebagai i7-13700K”, yang ia post beberapa hari silam.

Core Temp User Reddit 19 13900k

User tersebut baru menyadari ketika prosesor Intel Core i9-13900K yang ia beli ternyata memiliki spesifikasi core dan thread yang sama sekali tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Di mana seharusnya prosesor i9-13900K memiliki 24 core dan 32 thread, sedangkan prosesor yang ia beli hanya menampilkan 16 core dan 24 thread – jauh dari yang ia harapkan.

Tidak hanya itu, ia kembali memastikan kecepatan prosesor yang ia beli dari marketplace tersebut, dan benar saja kecepatan dari Efficiency Core (E-Core) menunjukkan kecepatan dari prosesor yang lebih murah. Waduh, apes banget yah!

Bisa Menjadi Bahan Evaluasi Sebelum Membeli Komponen Bekas

Model penipuan yang meresahkan

Berdasarkan pengamatan penulis, ini merupakan hal umum yang ditemukan pada marketplace, di mana ada saja penjual nakal yang menjual komponen yang lebih murah dan disulap menjadi barang mahal, termasuk salah satunya Intel Core i9-13900K yang dibeli oleh user Reddit tersebut.

Contohnya saja, dulu sempat ada kasus di mana prosesor Intel Celeron ditempeli stiker khusus yang menjadikan prosesor tersebut menjadi Intel Core i7-8700K. Tentu saja, hal ini bisa menjadi bahan evaluasi sebelum membeli komponen bekas, terutama elektronik di marketplace.

Karena bisa saja barang yang dijual berpotensi untuk memiliki spesifikasi tidak seharusnya, dan bisa menjadi ‘ladang basah’ bagi oknum untuk melakukan penipuan semacam ini ke depannya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version