Kenali Purple Francis, Karakter “Rahasia” Left 4 Dead yang Mendadak Viral

in
Purple Francis Left 4 Dead

Niat banget bikin meme.

Game rilisan 2009 ini sepertinya tidak ada matinya. Beberapa hari lalu, komunitas Left 4 Dead dibingungkan oleh vandalisasi besar-besaran dalam wiki fandom Left 4 Dead.

Editan skala besar ini menambahkan artikel tentang “Purple Francis”, yaitu karakter ‘rahasia’ yang seharusnya menjadi survivor kelima dalam jalan cerita Left 4 Dead setelah Francis, Bill, Zoey, dan Louis. Artikel lain juga diedit secara massal untuk menambahkan referensi terhadap Purple Francis.

 

Artikel-artikel yang diedit menceritakan latar belakang dari Purple Francis secara detail, lengkap dengan jalan cerita masa lalu dari Purple Francis, sejarah pengembangan sekaligus desainnya, serta bagaimana Purple Francis akhirnya dibuang dan tidak masuk produk akhir Left 4 Dead 2.

Sekarang, wiki Left 4 Dead 2 sudah kembali ke sedia kala, dan tidak ada lagi tanda-tanda Purple Francis di dalamnya. Tapi, editan wiki tersebut berlangsung cukup lama untuk meningkatkan popularitas Purple Francis, sampai titik dimana Purple Francis sekarang memiliki banyak fanart, server Discordnya sendiri, dan bahkan mod Steam Workshop yang menambahkan “konten buangan” Purple Francis ke dalam game.

Francis

Sebagai salah satu game paling awet muda, Left 4 Dead memiliki komunitas yang masih aktif sampai sekarang. Meskipun game terakhirnya — Left 4 Dead 2 — dirilis lebih dari 11 tahun yang lalu, komunitas Left 4 Dead masih aktif dalam pembuatan mod dan konten baru untuk game tembak-tembakan bertema zombie ini.

Update terakhir dari Left 4 Dead 2 yang rilis September 2020 lalu, The Last Stand, adalah update yang dibuat oleh modder dan anggota komunitas Left 4 Dead 2 sendiri. Salah satu modder yang mengerjakan update The Last Stand adalah Bobinsox, dalang di balik mod Purple Francis.

Left 4 Dead 2 bisa dimainkan melalui Steam.


Untuk membaca berita tentang Left 4 Dead dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.