Kenapa Bermain Mobage Gacha Bikin Orang Menjadi Ketagihan?

in , ,
Mobage Gacha

Bermain mobile game atau biasa disebut dengan mobage memang sangat menyenangkan. Kamu hanya memerlukan gadget smartphone di genggaman tanganmu. Baik itu memiliki sistem Android ataupun iOS. Salah satu fitur yang sering kita temukan dalam mobage adalah fitur loot box atau lebih dikenal dengan nama gacha.

Kenapa mobage gacha membuat banyak orang ketagihan memainkannya? Terlebih dengan adanya sistem RNG (Random Number Generation) yang sering membuat para pemain frustasi. Mengambil topik tersebut, saya akan memberikan penjelasannya berdasarkan pengalaman pribadi bermain mobage gacha selama bertahun-tahun.

Sebagai catatan, saya akan menjelaskan tentang mobage gacha ini berfokus pada game yang populer di internet dengan menggunakan sistem tersebut, seperti Genshin Impact, Arknights, Granblue Fantasy, Fate/Grand Order, Idolmaster, Azur Lane dan sejenisnya.

Genshin Impact Gacha

Mari kita mulai saja pembahasannya!

Karakter dan Item Menarik di Mobage Gacha

Salah satu alasan utamanya adalah para pemain ingin mendapatkan karakter dan item menarik yang ditawarkan oleh game. Biasanya pihak developer dengan giat mempromosikan gacha baru di game mereka melalui akun sosial media. Gacha tersebut pastinya menghadirkan sosok karakter dan item yang sangat menarik dan tidak ingin dilewatkan oleh para pemain.

Pemain Jatuh Hati dengan Karakter Idaman

Mobage Gacha

Untuk karakter sendiri, pastinya mereka memiliki penampilan yang dapat menarik perhatian pemain. Karakter wanita harus memiliki beberapa poin penting yang wajib ada, seperti memiliki wajah cantik, imut, lucu, seksi dan masih banyak lagi. Ataupun para karakter tersebut memiliki sifat dengan trait tertentu yang bagi beberapa kalangan pemain menyukainya.

Begitu juga untuk karakter pria. Karakter tersebut pastinya harus memiliki paras ketampanan yang luar biasa, body yang wow, suara yang dapat meluluhkan hati para pendengar dan lainnya.

Item dengan Stat Bagus = Broken

Mobage Gacha

Sedangkan item seperti weapon untuk karakter protagonist ataupun karakter party, haruslah memiliki stat dengan efek yang bagus. Terkadang item tersebut bahkan dianggap OP atau broken yang dapat merusak keseimbangan gameplay pada game.

Tentu saja kondisi tersebut sangat mempengaruhi cara bermain pemain agar mereka dapat lebih mudah menyelesaikan tantangan pada game. Atau bisa jadi mereka ingin flexing atau pamer kepada teman-temannya bahwa dia punya item bagus yang dia dapatkan melalui gacha.

Hasrat Manusia Ingin Mendapatkannya

Setiap manusia pasti memiliki hasrat tinggi ingin mendapatkan sesuatu. Kalian pasti sering merasakan hal tersebut ketika bermain mobage gacha. Apalagi setelah melihat adanya gacha baru yang memiliki karakter dan item menarik di game yang kalian mainkan.

Biasanya yang ada di pikiran kalian adalah “bagus nih karakter/item-nya.”, “wow, ini karakter waifu/husbando gw banget”, “wangy wangy wangy” dan masih banyak lagi. Jika kalian sudah berpikir seperti itu, hasrat kalian ingin mendapatkannya akan menjadi sangat tinggi. Kecuali jika kalian punya pengendalian diri agar tidak terjatuh ke dalam jurang keputusasaan.

Terjebak dalam Roda Siklus Mobage Gacha

Pembahasan ini akan terjadi pada kalian ketika sudah terlalu lama bermain mobage dan ketagihan dengan sistem gacha. Saya adalah salah satu contohnya. Roda siklus mobage gacha adalah istilah yang sudah umum bagi banyak orang yang memasuki dunia seperti ini.

Ketika kalian menghabiskan seluruh tabungan kristal atau tiket gacha dalam game dan tidak mendapatkan karakter atau item yang diinginkan, muncul perasaan putus asa dan salty. Bagi yang punya uang berlebih mungkin mereka akan lanjut gacha hingga mendapatkannya (atau dalam hal ini sampai titik nol dalam tabungan penghabisan).

Mobage Gacha

Ada beberapa tipe orang setelah gagal mendapatkan gacha incaran, yaitu:

  • Tipe orang yang sadar diri, dimana dirinya langsung menyerah karena tidak bisa mendapatkannya dan akan menunggu ketika karakter atau item tersebut muncul lagi di rate up.
  • Tipe orang yang langsung stop bermain dan akan kembali lagi setelah bisa move on.
  • Dan tipe orang yang benar-benar berhenti bermain mobage gacha.

Dua dari tiga tipe orang yang saya jelaskan sebelumnya sudah masuk dalam roda siklus mobage gacha. Gambar di atas sudah menutupi semua roda siklus mobage gacha yang sudah pasti pernah dialami oleh para pemainnya. Mereka tidak akan berhenti sampai benar-benar keluar dari game tersebut. Hal ini juga berlaku ketika kalian berhenti bermain satu game lalu pindah ke game lainnya.

Mobage Gacha

Itulah penjelasan mengenai kenapa bermain mobage gacha bikin banyak orang ketagihan berdasarkan pengalaman pribadi saya. Penjelasan ini juga dapat berlaku untuk mobile game ataupun game konsol yang memiliki sistem gacha atau biasanya mereka menyebutnya loot box.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Gacha atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Muhammad Faisal

Leave a Reply

Your email address will not be published.