[OPINI] Kenapa Guitar Hero PS2 Sangat Populer di Rental PS Indonesia?

Guitar Hero Ps2

Guitar Hero PS2 Buat sebagian orang, jika kembali ke masa dulu dimana kita masih nongkrong di rental PS2, banyak kenangan yang muncul dibenak mereka. Apakah itu berniat bermain atau sekedar melihat orang bermain. Kalian pasti tahu ada salah satu game yang dulunya kena banned di beberapa tempat rental PS2 adalah Guitar Hero. Itu karena banyak joystick yang rusak di tempat rental akibat dari ulah tangan para gitaris (dibaca Pemain) yang memainkan game ini.

Bisa dikatakan Guitar Hero adalah game rhythm yang paling ikonik karena di game ini hanya mengandalkan part gitar saja sebagai basis instrumen yang digunakan. Ditambah lagi game tersebut bisa dimainkan dengan kontroller biasa saja.

Alasan Kenapa Guitar Hero PS2 Sangat Populer

Tampilan Karakter dalam game

Kali ini, penulis akan memberi beberapa opini mengapa Guitar Hero PS2 sangat populer di rental PS Indonesia. Tentunya kita akan melihat dari beberapa aspek yang mendukung.

Awal Sejarah Guitar Hero PS2

Seri yang Pernah Dirilis

Guitar Hero pertama kali rilis pada tanggal 7 November 2005 untuk pasar Amerika. Lalu disusul untuk beberapa negara di Eropa pada tanggal 7 April 2006. Kehadiran game rhythm ini tepat pada saat game arcade yaitu Dance Dance Revolution (DDR) sedang booming.

Karena game tersebut pada saat itu sangat populer, DDR sendiri mencoba kesempatan ini untuk masuk ke ranah konsol PS2. Sayangnya tidak berbuah manis karena game ini masih sangat mendominasi pada saat itu.

Berbicara tentang Guitar Hero, terdengar kabar bahwa Microsoft dan Activision/Blizzard sempat diskusikan rencana merilis game baru Guitar Hero.

Gameplay yang Mudah Dimengerti

Gameplay simpel namun memberikan sensasi seru

Tidak dapat dipungkiri kalau gameplay dari game-nya sangat gampang dimengerti. Karena kalian hanya perlu menekan note gitar tepat di bagian lingkaran trigger. Kombinasi tombol yang digunakan pada joystick juga mudah diadaptasi oleh player.

Jangan lupa kalau di game ini ada mekanisme star meter dimana kalian bisa mendapatkan score multiplier lebih saat star meter diaktifkan. Kalian hanya perlu mengumpulkan note star yang muncul dari awal sampai akhir agar star meter kalian terisi.

Satu hal lagi, ketika ada note panjang muncul, kalian bisa menggunakan analog kiri kalian ke arah atas untuk mengubah tebal note panjang tersebut. Hal ini membawa pengalaman bermain kalian seperti pemain gitar sungguhan.

Sebenarnya dulu PlayStation 2 sempat merilis controller khusus untuk bermain Guitar Hero. Namun tidak tahu kenapa penjualannya pada saat itu kurang begitu bagus. Akibatnya para player lebih sering menggunakan joystick dibandingkan dengan controller gitar tersebut.

Banyak Lagu-Lagu dari Band Terkenal

Beberapa List Lagu dalam Game

Game musik memang tidak bisa terlepas dari musik yang dihadirkan itu sendiri. Dari seri game pertamanya sendiri sudah sangat banyak. Game ini menghadirkan lagu-lagu keren seperti I Love Rock n’ Roll oleh Joan Jett & Blackhearts, Killer queen oleh Queen, dan masih banyak lagi.

Salah satu lagu ikonik di game pertamanya adalah Free bird oleh Skynyrd, dimana lagu ini memiliki panjang durasi 8 menit lebih dan memiliki melodi yang sulit di bagian menit ke 7 sampai selesai. Jika kalian berhasil bermain lagu ini pada tingkat expert, kalian sudah bisa disebut master Guitar Hero dikalangan anak-anak rental PS.

Jika kita berbicara tentang lagu yang hampir mustahil untuk diselesaikan pada tingkat expert adalah Through the Fire and Flames oleh Dragonforce. Lagu berdurasi 7 menit lebih ini memiliki pattern note yang sangat brutal sehingga banyak joystick menjadi korban hanya karena lagu ini.

Banyaknya Game Modifikasi dengan Lagu Indonesia

Salah Satu Contoh Game yang Sudah di Mod

Jujur saja, bagi kalian yang dulunya sering ke rental PS2, minimal pasti tahu tentang keberadaan game Guitar Hero yang isi lagunya dimodifikasi. Contoh yang paling gampang adalah game Guitar Hero edisi lagu-lagu Indonesia dan ada juga versi lagu-lagu anime.

Entah bagaimana caranya para pembajak ini melakukan hal tersebut, namun tidak menutup kemungkinan bahwa game ini semakin ramai di Indonesia karena hal tersebut. Menurut saya, hal ini terjadi karena banyak gamer konsol PS2 tidak sabaran dengan kelanjutan series game-nya itu sendiri sehingga banyak bermunculan modder game PS2 pada saat itu.

Pakai Cheat Kalau Kalian Malas Main Mode Career

Tampilan Cheat Menu dalam Game

Biasanya anak-anak rental PS2 dulu setidaknya ada yang hapal dengan cheat di game ini. Memang di dalam game-nya sendiri ada beberapa cheat yang tersedia. Namun cheat untuk membuka semua gitar, karakter, map, dan lagu adalah cheat yang paling sering digunakan karena banyak pemain yang ingin langsung memainkan lagu-lagu favorit.

Untuk mengaktifkan cheat ini, kalian harus berada di main menu, tahan tombol arah kiri sambil memasukkan tombol kombinasi cheat secara cepat dan tepat. Disini penulis akan memberikan cheat game pertama dan kedua. Mengapa hanya kedua versi ini saja yang diberikan? Karena kedua versi inilah yang paling sering dimodifikasi oleh para modder.

Cheat Guitar Hero PS2

Cheat Guitar Hero 2 PS2

Itulah beberapa opini menurut penulis mengapa game ini bisa sangat populer di Indonesia. Apakah kalian memiliki lagu-lagu favorit kalian di game ini? Atau ada hal lain yang kalian ingin bahas mengenai Guitar Hero?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Guitar Hero, PS2 atau artikel keren lainnya dari Ifan Frans. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version