Kepala Blue Box Studio: Abandoned Bukan Seperti yang Kalian Pikirkan

Abandoned
Ia menjelaskan bagaimana spekulasi fans tentang Kojima dan yang lain tidak benar.

Abandoned menjadi perbincangan oleh beberapa fans karena model marketingnya yang kontroversial. Tak sedikit yang menghubungkannya dengan Silent Hill maupun Hideo Kojima akibat desain dan cara pemasarannya yang unik, persis seperti game yang Kojima garap.

Namun semua spekulasi tersebut dibantah langsung oleh kreator sekaligus kepala Blue Box Studio, Hasan Kahraman.

Berbicara pada NME, Kahraman menjelaskan detil Abandoned, seperti apa plot ceritanya, bagaimana cara memainkannya, dan semua hal untuk menolak rumor bahwa gamenya merupakan Silent Hill ataupun Metal Gear.

Sayangnya, NME tak diperbolehkan membicarakan detilnya sama sekali, namun mereka menegaskan bahwa semua plot dan gameplaynya tak sama dengan yang dispekulasikan para fans.

Kahraman jelaskan bahwa Abandoned bukan game horror melainkan shooter. “Gamenya merupakan shooter/survival. Ia miliki beberama elemen horror, namun bukan game dengan genre tersebut. Ini bukan seperti yang dipikirkan banyak orang”, paparnya.

Abandoned ceritakan seorang karakter bernama Jason Longfield yang mendadak bangun di hutan misterius. Dengan suara aneh dan pepohonan yang membuat suasana nampak mencekam, banyak orang asumsikan bahwa ia merupakan game horror, namun tidak sama sekali menurut NME setelah mendapatkan penjelasan Kahraman.

Menurut Kahraman, Abandoned miliki elemen gameplay unik beberapa di antaranya adalah ketika Jason berlari yang akan membuatnya terengah-engah, ia akan miliki bidikan yang tak sempurna, ketakutan Jason juga mempengaruhi semua elemen yang ada di dalamnya.

Eksplorasi, damage yang masuk, dan bagaimana gamenya dimainkan akan sangat berbeda di setiap sesinya. Hal ini karena mereka membuatnya dengan motion capture tingkat tinggi. “Kami menggunakan motion capture sendiri dan membuat sistem gamenya berdasarkan data animasi”, imbuhnya.

https://twitter.com/BBGameStudios/status/1420089120362270721

Sementara masalah karakter pria dengan penutup mata adalah salah satu kesalahan besar yang mereka buat. Pria tersebut merupakan musuh utama gamenya dengan sedikit rambut dan bulu di wajahnya. “Alasan kami memberinya blur adalah kami ingin mengejutkan para fans, namun mereka justru salah paham. Oleh karenanya untuk selanjutnya kami takkan melakukan blur kembali”, jelasnya.

Kahraman juga menjelaskan bahwa gambaran dan spekulasi fans di internet sangat menyakitinya. Ia tak mau dicap sebagai penipu dan semua rumor tentang studio dan gamenya sangat tidak membantunya sama sekali. “Aku tak berniat untuk itu”, pungkasnya.

Abandoned rencananya akan dirilis tahun 2022 mendatang untuk PlayStation 5.


Baca lebih lanjut tentang Abandoned atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version