Kepala Brand EA: Istilah “Gamer” Sudah Ketinggalan Zaman

Bf 2042 Cover Final
Menurut kepala brand EA, istilah Gamer sudah tidak bisa berlanjut di zaman ini.

Perkembangan video game yang sangat pesat membuatnya tak lagi menjadi sesuatu yang tradisional untuk sekedar bermain saja, namun lebih interaktif. Hal ini rupanya juga disetujui oleh kepala brand Electronic Arts yang menganggap bahwa istilah “gamer” sudah tidak masuk zamannya.

Berbicara pada Adweek, kepala brand Electronic Arts, Elle McCarthy mengatakan bahwa saat ini percampuran gaming dan semua budaya menjadikan mereka dengan sebutan “player”.

Menurutnya, gaming sudah bukan lagi menjadi sebuah mediun atau industri, namun suatu hal yang ia sebut sebagai “interaktif”. McCarthy melanjutkan bahwa saat ini player bisa berinteraksi dalam video game dari sekedar mengunjungi desain interior suatu bangunan, membuat gerakan seperti Black Lives Matter, hingga mengeksplorasi identitas seksual mereka masing-masing.

Elle McCarthy, Kepala Brand Electronic Arts

McCarthy mengatakan bahwa istilah gamer sudah tidak ada dan berusaha untuk memahaminya akan menjadi sesuatu yang sangat krusial khususnya bagi para marketer yang berharap untuk promosikan hiburan interaktif.

Menurut McCarthy, peningkatan di game live service baru-baru ini membuat integrasi budaya lebih cepat, ini adalah kesempatan besar untuk marketing dan akan paksa hadirkan lebih banyak brand umum untuk ikut serta karena audiensnya yang jadi fokus utama.

Tak ada cara yang lebih baik untuk masuk dalam niche video game yang berisi ragam komunitas yang penuh gairah. “Mencoba untuk menarget gamer itu seperti kau mengatakan bahwa dirimu tengah targetkan orang-orang yang menyukai musik atau orang yang bernafas”, imbuhnya.

Dengan kata lain, McCarthy mengatakan bahwa industri game kini tak hanya dinikmati oleh orang-orang penuh passion yang bergelut dalam hobinya saja. Namun juga mereka yang tak miliki ketertarikan dalam video game sama sekali, oleh karenanya istilah “gamer” kini sudah ketinggalan zaman. Setidaknya dari sisi brand dan marketing.


Baca lebih lanjut tentang Electronic Arts, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version