Kepala Desain Produk Apple Jonathan Ive Resmi Mundur Dari Jabatan Akhir Tahun Ini


Follow Us

Chief desain officer Apple Jonathan Ive akan meninggalkan perusahaan Apple akhir tahun ini, diketahui Jonathan Ive mengakhiri masa kerjanya bersama Apple untuk membuat beberapa produk teknologi paling berpengaruh di dunia bersama perusahaan, termasuk iPhone. Ive, yang telah memimpin tim desain Apple sejak 1996, meninggalkan “untuk membentuk perusahaan desain independen yang akan menghitung Apple di antara klien-klien utamanya.” Perusahaan ini bernama LoveFrom, dan Ive akan bergabung dengan desainer terkenal Marc Newson pada rencana usaha baru tersebut. Meskipun mengundurkan diri dari posisi eksekutifnya, Ive dan Apple sama-sama mengklaim dia masih akan bekerja “pada berbagai proyek dengan Apple.”

Nulis artikel dibayar
Team Apple Generasi Pertama

“Apple akan terus mendapat manfaat dari bakat Jony dengan bekerja secara langsung dengannya di proyek-proyek eksklusif, dan melalui kerja berkelanjutan dari tim desain yang brilian dan bersemangat yang telah ia bangun,” kata CEO Apple Tim Cook dalam siaran pers. “Setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan erat, saya senang bahwa hubungan kami terus berkembang dan saya berharap untuk bekerja dengan Jony jauh ke masa depan.”

Ive adalah salah satu perancang industri paling terhormat di dunia dan telah mengerjakan berbagai produk, termasuk beragam seri dari Mac, iPod, iPhone, iPad, Apple Watch, dan banyak lagi. Dia juga memiliki andil dalam merancang kampus Apple Park “pesawat ruang angkasa” perusahaan dan membangun tampilan dan nuansa toko ritel Apple.


Baru-baru ini, Ive menyuarakan video desain tentang peluncuran Mac Pro baru akhir tahun ini. Selain desain perangkat keras, Ive juga telah memainkan peran besar dalam membentuk kembali perangkat lunak Apple. Dia memperkenalkan iOS 7 yang dirubah secara drastis pada tahun 2013, dan memberikan perlakuan yang mirip dengan perangkat lunak desktop Apple, yang sekarang dikenal sebagai macOS, tidak lama kemudian.

Apple mengatakan bahwa Evans Hankey, wakil presiden desain industri saat ini, dan Alan Dye, Wakil Presiden desain antarmuka manusia, sekarang akan melapor kepada Jeff Williams, yang “akan menghabiskan lebih banyak waktunya bekerja dengan tim desain di studio mereka.”

BACA JUGA  OPPO Luncurkan Smartphone A9 2020 yang Siap Memenuhi Kebutuhan Gaming

“Setelah hampir 30 tahun dan banyak sekali proyek, saya sangat bangga dengan pekerjaan panjang yang telah kami lakukan untuk menciptakan tim desain, proses, dan budaya di Apple yang tentunya berdiri dari tim kami sendiri,” kata Ive. “Hari ini lebih kuat, lebih bersemangat, dan lebih berbakat daripada pada titik mana pun dalam sejarah Apple. Tim pasti akan berkembang di bawah kepemimpinan Evans, Alan dan Jeff yang sangat baik, yang telah menjadi kolaborator terdekat saya. Saya sangat percaya pada rekan desainer saya di Apple, yang tetap menjadi teman terdekat saya, dan saya berharap dapat bekerja sama dengan mereka selama bertahun-tahun yang akan datang. “

Ive menjalin hubungan kerja dan pribadi yang erat dengan Steve Jobs ketika salah satu pendiri Apple ini kembali ke perusahaan yang sempat tenggelam pada tahun 1997. Salah satu produk pertama yang dikolaborasikan keduanya adalah iMac 1998. Itu mengawali comeback spektakuler dari Apple, dan kita ketahui sekarang menjadi salah satu perusahaan teknologi paling sukses dan dikagumi di dunia. Jobs membuat panggilan suara ke Ive selama pengungkapan legendarisnya tentang iPhone asli pada tahun 2007.

BACA JUGA  Game Simulasi Tropico Akhirnya Dapatkan Versi Android

Selama bertahun-tahun, Ive muncul di video yang mendokumentasikan dan memamerkan desain produk terbaru Apple. Dia muncul lebih jarang hari ini, tetapi masih menyediakan sulih suara untuk banyak klip. Selain wawancara sesekali untuk majalah atau panel desain.


Sumber: The Verge


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: abdolefathah@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item