Kepala Ryugagotoku Studio Ingin Remake Versi Inggris Yakuza Ishin dan Kenzan

in
Yakuza.original 2
Do it.

Seri Yakuza memang sangat kental dengan karakter Kazuma Kiryu dengan segala kejantanannya. Bahwa karakter tegas penuh pemikiran yang satu ini bisa jadi salah satu cerminan maupun inspirasi bagi para pria untuk bertindak di segala situasi.

Kesuksesannya buat Ryugagotoku Studio juga lepas versi spin-off gamenya dengan judul Ishin dan Kenzan yang ceritakan versi historis dari Yakuza yang hanya dirilis di Jepang. Namun keraguan SEGA akan tema feodal Jepang membuat mereka enggan merilis dua seri ini dalam bahasa Inggris dan fokus untuk kerjakan iterasi utamanya. Kabar baiknya, semua berubah sejak mereka melihat Ghost of Tsushima sangat sukses di pasar barat.

Melalui interviewnya bersama JPGames.de, kepala Ryugagotoku Studio, Daisuke Sato menjelaskan bahwa ia ingin Yakuza Ishin dan Kenzan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Menurut Sato, mekanik battle dari keduanya merupakan yang terbaik dari serinya, oleh karena itu ia ingin menerjemahkannya dalam bahasa Inggris jika diberikan kesempatan.

Sato melanjutkan bahwa karena gamenya telah berusia nyaris tujuh tahun, maka jika hal ini direalisasikan mereka akan lakukan remake dibanding harus implementasikan porting. “Hal ini menjadi keputusan yang sulit”, imbuhnya.

Tak hanya Yakuza Ishin dan Kenzan, Sato menjelaskan bahwa jika mereka akan melakukan hal yang sama dengan Yakuza: Dead Souls, maka hal tersebut akan menjadi pekerjaan yang lebih sulit. Tak hanya menerjemahkan, mereka juga harus mengubah semua sistemnya dari PSP ke platform masa kini.

Di akhir interviewnya, Sato melanjutkan bahwa mereka takkan merilis seri Yakuza di satu console saja di masa datang. Hal ini karena mereka sendiri ingin para gamer di barat mendapatkan banyak kesempatan untuk memainkan game buatan mereka. Oleh karenanya franchise milik SEGA tersebut akan mereka rilis secara global di multiplatform di masa mendatang.

Aku tak bisa menjanjikan apapun, namun jika dilihat dari segi bisnis, kami ingin hadirkan gamenya untuk semua player dalam wujud yang paling optimal.

Franchise Yakuza saat ini telah tuju platform lain selain PlayStation. SEGA hanya menyisakan Yakuza 6 yang rencananya akan dilepas bulan depan di PC sekaligus Xbox One/Series X/S. Sementara Yakuza 7: Like a Dragon saat ini sudah bisa dinikmati di semua platform.

Bagaimana menurutmu akan pernyataan Daisuke Sato? Apakah kamu akan menunggu kehadiran Yakuza Ishin dan Kenzan jika mereka menerjemahkannya dalam bahasa Inggris?


Baca lebih lanjut tentang Yakuza atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).