Email Kepala Xbox Game Studios Ungkap Rencana Menyingkirkan Sony dari Industri Konsol

Kepala Xbox Game Studios Ungkap Rencana Tendang Sony

Sebagai bagian dari kasus FTC melawan Microsoft untuk akuisisi terhadap Activision Blizzard, sebuah email yang menunjukkan dorongan dari dalam Xbox Game Studios untuk memaksa Sony keluar dari industri gaming dirilis.

Email tersebut muncul tak lama setelah Sony dilaporkan tidak akan membagikan detail terkait PlayStation 6 ke Activision jika akuisisi Microsoft disetujui.

Banyak yang menilai jika akuisisi tersebut disetujui, maka seri game populer seperti Call of Duty akan jadi eksklusif di Xbox alias tidak akan lagi bisa dinikmati di PlayStation. Sementara itu, tidak sedikit pula yang merasa jika keberhasilan akuisisi tersebut dapat mengatasi permasalahan Activision yang selama ini dikenal karena kasus pelecehan seksualnya.

Email Kepala Xbox Game Studios Ungkap Rencana Menyingkirkan Sony Lewat Banyak Akuisisi

Akuisisi Xbox atas Activision Blizzard

Dilansir dari IGN, email tersebut menunjukkan bahwa wakil presiden Xbox Game Studios kala itu – Matt Booty mencoba untuk membuat CFO Xbox – Tim Stuart untuk meningkatkan pengeluaran agar Xbox bisa satu langkah di depan Sony.

Lebih lanjut, Booty menyebut bahwa Microsoft “berada dalam posisi yang sangat unik untuk dapat mengeluarkan Sony dari bisnis” atau dalam hal ini, industri konsol.

Email Kepala Xbox Game Studios Ungkap Rencana Menyingkirkan Sony dari Industri Konsol 4

Dalam email yang dikirim pada 2019 itu, Booty juga mengatakan bahwa dalam 10 tahun kedepan, Microsoft akan melihat kebelakang dan menyadari bahwa menghabiskan US$2 miliar atau US$3 miliar di 2020 akan sangat layak agar tetap bisa terdepan di kompetisi.

Menyusul munculnya email tersebut, salah seorang juru bicara Microsoft – David Cuddy merespon dengan mengatakan bahwa email tersebut berusia tiga setengah tahun dan mendahului pengumuman akuisisi Microsoft dalam 25 bulan.

Hal tersebut mengacu pada tren industri yang tidak pernah Microsoft kejar dan tidak terkait sama sekali dengan akuisisi.

Microsoft Sempat Rencanakan Akuisisi Sega, Bungie dan IO Interactive

SEGA

Bersamaan dengan email tersebut, pada 2020 kemarin, bos Xbox – Phil Spencer juga diketahui mengirim email ke CEO dan CFO Microsoft yaitu Satya Nadella dan Amy Hood, meminta persetujuan untuk mendekati Sega Sammy dengan tujuan untuk mengakuisisi Sega.

Yang menarik, Bungie yang kini telah diakuisisi Sony dan Zynga yang kini telah jadi bagian dari Take-Two, juga masuk kedalam daftar rencana akuisisi Microsoft disamping IO Interactive, Supergiant Games, Niantic. Selain itu, developer game indie dan mobile seperti Thunderful, Playrix dan Scopely juga dipertimbangkan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Xbox atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version